Beranda / News

BLT BPJS Ketenagakerjaan 2023 Cair Tanggal Berapa? Berikut Syarat dan Cara Mengambilnya di Kantor Pos

news.terasjakarta.id - Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:54 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
BLT BPJS Ketenagakerajaan yang bakal dicairkan pemerintah menjadi bantuan sosial dari pemerintah yang paling ditunggu pekerja dan buruh. (terasjakarta.id/ist)

BLT BPJS Ketenagakerajaan yang bakal dicairkan pemerintah menjadi bantuan sosial dari pemerintah yang paling ditunggu pekerja dan buruh. (terasjakarta.id/ist)

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Memasuki tahun 2023 hal yang paling ditunggu warga adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang digelontorkan pemerintah.

Salah satunya yang paling dicari adalah BLT BPJS Ketenagakerjaan yang infonya bakal cair pada Januari 2023 di beberapa kantor pos.

Berdasarkan pada Desember 2022 lalu dimana BLT BPJS Ketenagakerjaan dilakukan perpanjangan pencairan yang awalnya terakhir tanggal 20 diperpanjang kembali hingga tanggal 27 Desember maka sinyal bahwa BLT BPJS Ketenagakerjaan Januari 2023 cair tanggal akhir bulan menguat.

Baca Juga : Kapan Bansos PKH 2023 Tahap 1 Cair? Cek Daftar Nama Penerima dan Cara Pencairannya di Artikel Ini

Dalam program BLT BPJS Ketenagakerjaan Januari 2023 masyarakat penerima akan mendapatkan uang Rp 600 ribu. Selanjutnya, bagaimana cara mencairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan, berikut terasjakarta.id telah merangkum ulasannya dalam artikel ini.

Syarat-syarat pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan 2023 di Kantor Pos:

  1. KTP sebagai bukti sebagai Warga Negara Indonesia
  2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan 2023
  3. Mempunyai gaji atau upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta atau pekerja buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kab/kota lebih besar dari Rp3,5 juta.
  4. PNS dan TNI atau Polri tidak diperbolehkan menerima BSU
  5. Belum pernah menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan dan juga bantuan produktif untuk usaha mikro lainnya.

Baca Juga : Pindah Domisili? Ini Cara Ganti Rumah Sakit Rujukan BPJS secara Online

Selanjutnya untuk mengetahui apakah Anda meerupakan penerima BLT Subsidi Upah 2023 atau tidak dapat dilakukan pengecekan melalui situs resmi dengan mengikuti langkah-angkah berikut ini

Cek Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan dengan cara berikut:

  1. Masuk ke situs https://bsu.kemnaker.go.id/ melalui perangkat Anda
  2. Klik menu Daftar Akun apabila belum memiliki akun yang terdaftar, kemudian ikuti petunjuk yang diarahkan hingga proses registrasi selesai
  3. Lanjut masuk ke situs bsu.kemnaker.go.id dengan menggunakan alamat email dan password yang terdaftar
  4. Pastikan Anda melengkapi biodata diri, seperti foto profil, deskripsi tentang diri Anda, termasuk status pernikahan dan juga tipe lokasi
  5. Selanjutnya, Anda bisa langsung klik menu Siap Kerja di pojok kiri atas
  6. Bagi penerima manfaat yang sesuai dengan kriteria, maka akan muncul pemberitahuan dengan tanda hijau dan keterangan bahwa Anda telah ditetapkan sebagai penerima BSU 2023
  7. Keterangan tersebut akan diikuti dengan pemberitahuan bahwa dana BSU sudah disalurkan ke rekening Himbara masing-masing peserta yang telah didaftarkan.

Baca Juga : Istri Indra Bekti Buka Penggalangan Dana untuk Suaminya, Benarkah Pendarahan Otak Tak Ditanggung BPJS?

Setelah memenuhi semua persyaratan di atas, kemudian bagaimana cara mengambil BLT BPJS Ketenagakerjaan 2023 di Kantor Pos :

Pekerja membawa persyaratan dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga menunjukkan tangkap layar (screenshot) yang berisikan status penyaluran bantuan di portal SiapKerja atau laman Kemenker yang bertuliskan “BSU Anda Telah Disalurkan”.

Demikian rangkuman tanggal berapa pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Januari 2023 di kantor Pos meski sejauh ini belum ada kepastian BLT BPJS Ketenagakerjaan dilanjutkan pada Januari 2023. Meski demikian saat ini pemerintah tengah gencar memberi bantuan sosial kepada masyaraat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link