Beranda / News

Pencairan THR Pensiunan Fix Cair Selasa 04 April 2023, Intip Besaran Yang Diterima

news.terasjakarta.id - Selasa, 4 April 2023 | 23:22 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pencairan THR Pensiunan sudah dapat dicairkan pada tanggal 4/4/2023 sesuai dengan keterangan Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (ist.)

Pencairan THR Pensiunan sudah dapat dicairkan pada tanggal 4/4/2023 sesuai dengan keterangan Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (ist.)

Penulis : Esil Yulinar
Editor : Esil Yulinar

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan penghasilan yang tentunya wajib diterima oleh para pekerja saat menjelang hari raya keagamaan. 

Pemberian THR ini memang sudang ditetapkan dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. 

Selain itu, kebijakan THR pensiun juga sudah diatur secara rinci dalam Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2023 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji ke-13.

Biasanya THR Pensiunan diberikan kepada pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN). Pensiunan yang berhak menerima THR Pensiun adalah Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.

Baca Juga : Pencairan THR PNS 2023, Cek Jadwal Cair dan Rinciannya!

Dalam cairnya THR Pensiun 2023, para penerima mendapat THR berupa gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau umum, dan tambahan tunjangan kinerja.

Kabarnya, THR Pensiunan 2023 akan cair pada bulan April. Dengan beredarnya berita juga pencairan tersebut jatuh pada tanggal 04 April 2023.

Berita terkait jadwal THR Pensiunan yang jatuh pada tanggal 04 April 2023 benar adanya.
Karena hal tersebut juga dilontarkan dalam keterangan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang menerangkan kalau tepat hari ini Selasa (4/4/2023) pencairan THR Pensiun mulai dicairkan.

Dapat kita ketahui juga bahwa anggaran THR PNS dan ASN 2023 sebesar Rp 38,9 triliun.
Adapun rincian anggaran sebesar Rp 38,9 triliun tersebut dalam THR PNS dan ASN 2023, sebagai berikut:
- Seluruh ASN Pusat yang bekerja di Kementerian/lembaga (termasuk pejabat negara, TNI, dan Polri) sebanyak 1,8 juta ASN mendapat dana THR sebesar Rp 11,7.
- ASN daerah sebanyak 3,7 juta orang (termasuk dengan tunjungan profesi sebanyak 1,1 juta guru daerah dan dan penerima tambahan tunjangan kinerja sebanyak 527.400 guru) mendapat dana THR sebesar Rp 17,4 triliun. 
- Pensiunan PNS dari pos Bendahara Umum Negara (BUN) sebanyak 2,9 juta orang mendapat dana THR sebesar Rp 9,8 triliun.

Baca Juga : Menteri Keuangan Akan Evaluasi Tunjangan Kinerja PNS, Termasuk Ditjen Pajak

Dikabarkan pula besaran dana THR Pensiunan yang di keluarkan di tahun 2023 bisa menembus Rp 4,4 juta.

Bahkan, Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, turut menjelaskan secara khusus bahwa dana keuangan mengalokasikan Rp 9,7 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 untuk diberikan sebagai THR Pensiunan.

Maka dari itu, THR Pensiunan yang dikeluarkan di tahun 2023 ini sudah masuk dalam pengalokasian dana dari Menteri Keuangan. 

Baca Juga : Tips Klaim Uang DANA Kaget 4 April 2023, Cek Syaratnya!

Dan sebelumnya dari pihak Menteri keuangan sendiri juga memberitahu kalau komponen THR PNS dan Pensiunan tahun ini sama dengan tahun lalu.
Yang mana komponen THR dan PNS melekat pada tunjangan gaji/pensiunan pokok, serta mendapat tambahan 50% tunjungan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link