Beranda / News

Kisah Keluarga Muhammad Husein WNI yang Berhasil Dievakuasi dari Gaza usai Melalui Proses yang Rumit

news.terasjakarta.id - Senin, 13 November 2023 | 12:55 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Kisah Keluarga Muhammad Husein WNI Berhasil Dievakuasi dari Gaza usai Melalui Proses yang Rumit

Muhammad Husein telah berhasil dievakuasi dari Gaza oleh Pemerintah Indonesia setelah melewati berbagai proses panjang nan rumit. (Foto: YouTube Muhammad Husein Gaza)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Satu keluarga WNI, Muhammad Husein telah berhasil dievakuasi dari Gaza oleh Pemerintah Indonesia setelah melewati berbagai proses panjang nan rumit.

"Sekitar pukul 18.00 WIB, saya memperoleh laporan bahwa mereka berhasil dievakuasi. Saat ini, beliau-beliau ini sudah berada di wilayah Mesir dan sudah bersama dengan tim evakuasi KBRI Mesir,” kata Menlu Retno yang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden pada Senin, 13 November 2023.

Menlu Retno Marsudi juga kala itu sedang mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Washington DC, AS. Namun, beliau menyempatkan untuk membuat video pernyataan terkait pers evakuasi satu keluarga WNI dari Gaza dari dalam pesawat kepresidenan.

Baca Juga : 5 WNI di Gaza Utara Berhasil Dievakuasi, Menlu Retno: Sisa 1 Keluarga di Wilayah Selatan, Masih Diupayakan

Kabar berhasilnya evakuasi keluarga Muhammad Husein ini diumumkan oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi pada Minggu, 12 November 2023 di YouTube Sekretariat Presiden.

"..sekali lagi hanya ada satu kata yang dapat diucapkan Alhamdulillah dan dengan sudah keluarnya keluarga Pak Husein dari Gaza," ujar Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers di YouTube Sekretariat Presiden.

Keluarga WNI ini terdiri dari Muhammad Husein, kedua anaknya yang merupakan WNI, serta sang istri yang berkewarganegaraan Palestina telah berhasil dievakuasi dan dibawa keluar dari Gaza Selatan pada Minggu, 12 November 2023 waktu setempat.

Evakuasi keluarga Husein ini melalui pintu Rafah yang berbatasan dengan negara Mesir.

Baca Juga : 5 WNI di Gaza Utara Berhasil Dievakuasi, Menlu Retno: Sisa 1 Keluarga di Wilayah Selatan, Masih Diupayakan

Proses Panjang Evakuasi Keluarga Muhammad Husein

Usai berhasil dikeluarkan dari Gaza, keluarga Muhammad Husein akan dibawa ke Kairo sebelum dibawa kembali ke Tanah Air.

Menlu Retno pun juga menjelaskan jika proses evakuasi Muhammad Husein dan keluarganya membutuhkan waktu yang cukup lama karena adanya isu administrasi.

Selain itu, kendala juga dihadapi saat proses evakuasi ini tak adanya nama keluarga Husein di dalam daftar WNA yang diizinkan untuk dievakuasi dari Gaza.

Baca Juga : 4 WNI di Gaza Berhasil Dievakuasi usai Tiga Kali Percobaan, Begini Sulitnya Perjalanan ke Rafah

Sehingga hal itu menyulitkan evakuasi dan membutuhkan waktu tambahan untuk proses memasukkan namanya dan seluruh anggotanya ke dalam daftar tersebut.

Selanjutnya, saat nama Husein dan anggota keluarga telah masuk ke dalam daftar, evakuasi juga belum dapat dilakukan karena pintu perbatasan Rafah masih tidak dapat dibuka dengan berbagai macam alasan situasi lapangan.

"Proses panjang ini sekali lagi menunjukkan proses evakuasi sangat tidak mudah. Namun, upaya kita terus kita lakukan secara maksimal," ucap Retno.

Baca Juga : 3 WNI di Gaza Palestina Putuskan Tinggal demi Lanjutkan Tugas Kemanusiaan

Upaya Menlu Retno Evakuasi Keluarga Muhammad Husein

Hampir satu pekan terakhir, Menlu Retno yang berada di Timur Tengah untuk mengikuti gelar rangkaian acara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyebutkan bhawa dirinya terus lakukan komunikasi dengan banyak pihak.

Ia juga memastikan jika para WNI dalam kondisi baik dan nama-nama mereka segera bisa masuk di dalam daftar evakuasi.

Bahkan, Menlu Retno juga sempat beberapa kali mendesak supaya pintu Rafah bisa dibuka.

Baca Juga : 7 WNI di Gaza Palestina Mulai Dievakuasi, Dilakukan Bertahap

Bersamaan dengan hal tersebut, tim Kementerian Luar Negeri di bawah Komando Direktur Perlindungan WNI serta BHI Judha Nughraha juga terus lakukan komunikasi dengan para tim evakuasi dari KBRI Kairo yang tengah bertugas di lapangan.

Sebelumnya, tepat pada 3 November 2023, pemerintah Indonesia juga telah berhasil mengevakuasi empat (4) WNI dari Gaza.

Satu keluarga itu terdiri dari Abdillah Onim, ketiga anaknya yang WNI serta sang istri yang berkewarganegaraan Palestina.

Baca Juga : Detik-Detik Lingkungan RS Indonesia di Gaza Dibombardir Israel, Bunyi Ledakan Bersahutan!

Keluarga Abdillah Onim sendiri sudah dipulangkan dan tiba di Indonesia pada tanggal 6 November 2023 lalu.

Sementara itu, sesuai dengan aturan pemerintah Mesir, WNA yang telah dievakuasi dari Gaza ini hanya diberikan waktu selama 3x24 jam untuk berada di wilayah Mesir, sebelum dipulang atau dipindahkan ke negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link