Beranda / News

Pendaftaran Seleksi PPIH Petugas Haji 2024 Dibuka Hari ini, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

news.terasjakarta.id - Kamis, 11 Januari 2024 | 09:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Simak cara cek daftar nama calon jemaah haji 2024 dan info pelunasan biaya yang harus dibayarkan pada 10 Januari-12 Februari. (Foto: pusaka.kemenag.go.id)

Pendaftaran Petugas Haji 2024 resmi dibuka ada hari ini Kamis, 11 Januari 2024. (Foto: pusaka.kemenag.go.id)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Kementerian Agama (Kemenag) resmi buka pendaftaran seleksi Panitian Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) 2024 tingkat pusat pada hari ini 11 Januari 2024.

Pendaftaran PPIH ini bisa dilakukan melalui aplikasi Pusaka Superapps Kementerian Agama mulai tanggal 11-19 Januari 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Anna Hasbie selaku Juru Bicara Kemenag melalui laman resminyanya kemenag.go.id.

“Kami mengundang para pelamar yang memenuhi syarat, untuk ikut ambil bagian dalam seleksi PPIH Arab Saudi. Pendaftaran dibuka dari 11 sampai 19 Januari 2024 melalui SuperApps Pusaka Kementerian Agama,” jelas Anna.

Baca Juga : Pelunasan Biaya Haji 2024 Resmi Dibuka, Catat Besarannya di Sini!

Selain itu, Anna juga menyampaikan bahwa seleksi PPIH Arab Saudi dilakukan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara.

Pada CAT peserta diminta untuk mengisi sejumlah tes terkait dengan wawasan kebangsaan, moderasi beragama, regulasi perhajian, manasik haji, serta tugas dan fungsi layanan.

Sedangkan wawancara peserta akan digali kemampuannya dalam baca tulis Al-Quran, pendalaman tugas dan fungsi petugas haji, problem solving, integritas, sertapemahaman keagamaan yang moderat dan kepemimpinan.

Baca Juga : Cetak Sejarah, Tahun ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji

Adapun jadwal tes CAT dan wawancara akan dilakukan pada hari yang sama yakni 25 Januari 2024 di Asrama Haji Pondok Gede.

Sementara itu, hasilnya akan diumumkan empat hari setelahnya yaitu pada tanggal 29 Januari 2024 di akun masing-masing peserta.

4 Formasi Seleksi Petugas Haji

Di lain sisi,  Ditektur Bina Haji pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Arsad Hidayat menjelaskan terdapat empat formasi pada seleksi PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 M.

Empat formasi tersebut diantaranya adalah:

  1. Media Center Haji (MCH)
  2. Pelindungan Jemaah
  3. Layanan Jemaah Lansia
  4. Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH).

Untuk bergabung dalam empat formasi tersebut, peserta diharuskan membuat akun terlebih dahulu melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama sebelum mendaftar.

Setelah itu, peserta diharuskan menguploud sejumlah berkas persyaratan yang ditentukan.

Jika peserta dinyatakan lolos pada verifikasi berkas maka akan mendapatkan kartu ujian.

Namun jika tidak lolos pada verifikasi berkas, peserta akan mendapatkan notifikasinya.

Persyaratan Seleksi Petugas Haji

Adapun berkas persyaratan yang harus dilengkapi calon peserta diantaranya sebagai berikut:

1. Pesyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia
  • Beragama islam
  • Berbadan sehat/istitaah
  • Laki-laki dan/atau perempuan
  • Tidak dalam keadaan hamil
  • Berkomitmen dalam pelayanan Jemaah
  • Memiliki integritas, kredibilitas, dan rekam jejak yang baik
  • Mampu mengoperasikan Microsoft Office dan Aplikasi Pelaporan PPIH berbasis android dan/atau iOS dibuktikan dengan surat pernyataan

2. Pesyaratan Khusus

A. Pelindungan Jemaah

  • Usia paling tinggi 55 tahun bagi laki-laki dan 45 tahun bagi perempuan pada saat mendaftar
  • Memahami prosedur pelindungan dan penanganan musibah serta penyelesaian kasus
  • Berasal dari unsur TNI/POLRI
  • Pangkat tertinggi mayor untuk TNI atau Komisaris Polisi untuk POLRI
  • Diutamakan mampu berbahasa Arab dan/atau Inggris.

B. Layanan Jemaah Lansia & Disabilitas

  • Usia paling tinggi 45 tahun pada saat mendaftar
  • Diutamakan memiliki pengetahuan dan/atau pengalaman dalam menangani lansia dan/atau penyandang disabilitas
  • Diutamakan memiliki kemampuan menggunakan bahasa yang digunakan penyandang disabilitas
  • Diutamakan mampu berbahasa Arab dan/atau Inggris.

C. Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (PKP3JH)

  • Usia paling rendah 25 tahun dan paling tinggi 45 tahun pada saat mendaftar
  • Berprofesi sebagai dokter, paramedis, dan/atau penanganan bencana pada RS TNI/Polri/RS Haji/ FK UIN/BNPB/Perdokhi
  • Berasal dari unit pelayanan kesehatan, lembaga/instansi yang menangani bencana, dan unit penanganan bencana pada organisasi
  • kemasyarakatan islam, lembaga pendidikan islam dan pondok pesantren
  • Memahami dan mampu melakukan penanganan krisis dan pertolongan pertama pada jemaah haji
  • Diutamakan mampu berbahasa Arab dan/atau Inggris.

3. Syarat Kelengkapan Administrasi

  • Kartu Tanda Penduduk
  • SK Pegawai ASN atau TNI/Polri (bagi ASN/TNI/Polri) c. Ijazah pendidikan terakhir
  • Surat rekomendasi dari pimpinan instansi/lembaga
  • Surat keterangan sehat dari Puskesmas/rumah sakit pemerintah
  • Surat izin suami (bagi perempuan menikah), bermaterai Rp. 10.000
  • Surat pernyataan kemampuan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK), bermaterai Rp. 10.000

4. Pemberi Rekomendasi

  • Pimpinan media
  • Mabes TNI/Mabes Polri
  • Kepala RS TNI/Polri/Haji/UIN
  • Pimpinan eselon I kementerian/lembaga/badan
  • Pengurus ormas tingkat pusat /pimpinan pondok pesantren/rektor PTKI

Cara Daftar PPIH Petugas Haji Tingkat Pusat 2024

Pendaftaran PPIH tingkat pusat 2024 dapat dilakukan di aplikasi SuperApps Pusaka Kementerian Agama dengan mengunggah sejumlah berkas persyaratan.

Berikut cara yang perlu dilakukan peserta untuk mendaftar sebagai PPIH tingkat pusat 2024 melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama.

  • Download aplikasi Pusaka Kemenag lewat PlayStore atau AppStore
  • Buka aplikasi lalu scroll ke bawah hingga sampai menu "Layanan Publik"
  • Kemudian klik "Pendaftaran Petugas Haji"
  • Kamu akan diarahkan ke laman >>https://haji.kemenag.go.id/petugas untuk mengikuti langkah berikutnya.
  • Jika sudah masuk di laman tersebut, klik "Pendaftaran Petugas"
  • Lalu pilih Kankemenag Kab-Kota/Kanwil Tempat Pendaftaran
  • Input NIK sesuai dengan identitas diri
  • Isi nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email aktif (tidak pernah digunakan untuk mendaftar petugas di tahun sebelumnya)
  • Isi nomor WhatsApp yang aktif
  • Pilih jenis tugas atau formasi yang diminati
  • Unggah Surat Rekomendasi dari instansi/lembaga
  • Kemudian isi kode captcha untuk memastikan pendaftar bukan robot
  • Kemduain klik "Daftar"

Jika telah melakukan proses di atas, tunggu proses verifikasi dan persetujuan dari Kankemenag Kab-Kota/Kanwil sesuai dengan tempat pendaftaran.

Apabila sudah memalui tahap tersebut notifikasi akan dikirim ke nomor WhatsApp pendaftar yang berisi pengumuman "Diterima" atau "Ditolak".

Bagi kamu yang berhasil diterima, akan diminta mengakses kembali aplikasi Pusaka Kemanag untuk buat akun dan mendaftar proses selanjutnya.

Adapun cara untuk proses selanjutnya sebagai berikut:

  • Peserta yang diterima diarahkan ke laman >> https://haji.kemenag.go.id/petugas
  • Kemudian klik "Buat Akun"
  • Isi NIK sesuai data diri
  • Selanjutnya buat username (tidak boleh menggunakan username yang pernah digunakan di tahun-tahun sebelumnya)
  • Isi alamat email
  • Buat password dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil serta angka.
  • Kemudian konfirmasi kembali password yang sudah dibuat
  • Isi kode captcha
  • Klik "Buat Akun"
  • Setelah selesai, pendaftar diminta mengisi biodata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link