Beranda / News

Keren! Taksi Terbang Bakal Diuji Coba di IKN, Lokasinya di Bandara Kalimantan Timur

news.terasjakarta.id - Jumat, 9 Februari 2024 | 20:14 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Taksi Terbang EHang 216 di depan Istora Senayan

Ilustrasi taksi terbang yang akan diuji coba di IKN. (Foto: Instagram @ehang.indonesia)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Taksi terbang atau urban air mobility Ibu Kota Nusantara (IKN) akan diuji coba di bandara yang ada di Kalimantan Timur. 

Adapun Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) bersama Kementerian Perhubungan telah melakukan survei lokasi proof of concept (PoC) untuk uji coba taksi terbang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan dan Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda pada Senin dan Selasa tanggal 5-6 Februari 2024.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi memberikan dukungan untuk inisiatif kolaborasi antara bandara di Kalimantan Timur dengan Perusahaan internasional.

Baca Juga : Fresh Graduate yang Lolos CPNS 2024 Bakal Dikirim ke IKN

Salah satunya akan segera diwujudkannya bentuk uji coba mobilitas udara perkotaan untuk implementasi teknologi maju di Nusantara dan kota sekitarnya. 

“Pengujicobaan moda mobilitas udara perkotaan ini dilaksanakan sebelum HUT RI-ke 79 di 2024 mendatang. Momentum ini hanya ada melalui pembangunan IKN dan harus dimanfaatkan. Kita berharap ada teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk penciptaan, pengembangan, dan ada peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia,” ujar Mohammed Ali Berawi melalui keterangan tertulis pada Jumat, 9 Februari 2024.

Senada, Direktur Pengembangan Ekosistem Digital Otorita IKN, Tonny Agus Setiono, menitikberatkan kepada pentingnya kolaborasi yang komprehensif antara pemerintah dan swasta, serta kelayakan moda. 

Baca Juga : Jokowi Bakal Pimpin Groundbreaking 10 Proyek di IKN 1-3 November 2023, Ada Sekolah hingga Suaka Orangutan

“Uji coba harus dilakukan dengan pengkajian dan sertifikasi yang matang dan juga perlu dilanjutkan untuk studi mengenai kelayakan operasional dan penyusunan rekomendasi lingkup kebijakan baru dalam mobilitas udara perkotaan," katanya. 

Oleh karena itu, lanjut Tonny, PoC ini tidak hanya berfokus dalam pengembangan kelaikan moda, tetapi juga pengembangan sistem, sumber daya manusia, dan perangkat kebijakan kedepannya.

Direktur Corporate Affairs Hyundai ASEAN, Tri Wahono mewakili Hyundai Motors menuturkan, pihaknya akan menentukan lokasi sesuai asesmen, berkoordinasi dan bekerja sama secara optimal kepada stakeholder yang terlibat dalam uji coba taksi terbang ini. 

Baca Juga : Sri Mulyani Ungkap Biaya Pembangunan Istana Negara IKN Sebesar Rp1,34 T

Sigit Pramana, perwakilan dari Otoritas Bandara Wilayah VII Kalimantan Timur akan mendukung penuh apabila pengujicobaan moda mobilitas udara perkotaan dipilih untuk bertempat di bandara Sepinggan Balikpapan. 

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda, Maeka Rindra Hariyanto, menyatakan bahwa Bandara APT Pranoto siap mendukung penuh sebagai penunjang pembangunan IKN.

“Ini masih sifatnya survei awal, belum ada penetapan lokasi pasti antara Balikpapan dan Samarinda. Pihak HMC juga akan memikirkan bagaimana mendatangkan pesawat tersebut menggunakan kapal hingga nanti sampai ke Samarinda,” tuturnya. 

Baca Juga : DKI Jakarta Bakal Ganti DKJ usai Status Ibu Kota Pindah ke IKN, Jadi Pusat Ekonomi Terbesar di Indonesia

Adapun Nusantara siap menjadi kota modern masa depan dengan ekosistem tiga kota yang memiliki enam komponen smart city salah satunya transportasi dan mobilitas berbasis mobilias sebagai layanan (mobility as a service) yang menjadi fokus PoC ini.

PoC ini mencakup pengujicobaan pemesanan moda first-mile dan last-mile menggunakan layanan mobil listrik serta pengujicobaan moda mobilitas udara otonom (autonomous air mobility).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link