Beranda / News

Berikut Rekayasa Lalu Lintas Pada Pegelaran Street Festival Cap Go Meh di Bogor

news.terasjakarta.id - Minggu, 5 Februari 2023 | 15:04 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Perayaan dan sejarah cap go meh. (Pinterest/roadaffair)

Perayaan dan sejarah cap go meh. (Pinterest/roadaffair)

Penulis : Potan Ahmad
Editor : Potan Ahmad

BOGOR,TERASJAKARTA.ID - Pegelaran Street Festival Cap Go Meh berlangsung hari ini, Minggu (5/2/) di kawasan Jalan Surya Kencana, Kota Bogor, Jawa Barat. Untuk meminimalisir kepadatan dan kemacetan polisi melakukan rekayasa arus lalu lintas.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria melalui keterangannya mengatakan, titik pengalihan arus akan dilakukan pada Simpang Bangka.

"Titik pengalihan arus di Simpang Bangka, Lawang Suryakencana, Simpang Roda, Simpang Jalan Pedati, Simpang Lawang Seketeng, Simpang Jalan Rangga Gading, Simpang Gang Besi, Simpang Gang Aut, Simpang Jalan Suryakencana, dan Simpang Warban," kata Kompol Galih.

Baca Juga : 5 Shio yang Bakal Cuan di Cap Go Meh 2023, Bisa Jadi Kamu Salah Satunya

Selain itu, ada sejumlah rekayasa situasional yang bisa dilakukan. Pertama, simpang Tugu Kujang tidak ada yang mengarah ke Jalan Otista apabila jalur padat.

"Kedua, Simpang Baranangsiang dari arah tol dibelokkan ke kiri arah timur bila jalur Otista padat. Ketiga, arus dari arah Cipaku atau Mbah Dalem yang akan belok ke Sukasari dialihkan lurus menuju Empang saat karnaval melintas," ucapnya.

Galih mengatakan, pengaturan digelar mulai dari Exit Tol Bogor. Sejumlah polisi akan berjaga disejumlah titik untuk mengatur arus lalu lintas.

Baca Juga : Pawai Cap Go Meh 2023 di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi, Ada Barongsai hingga Naga 

"Ada 3 tahapan rekayasa lalu lintas, yaitu tahapan hijau atau lancar, dimana petugas yang ter-plotting di titik-titik jalur dari Exit Tol Bogor sampai ke lokasi akan digelar melakukan gatur yang sifatnya memperlancar arus kendaraan dan orang yang masuk dan keluar,” ujar Galih.

Tahapan kuning atau kepadatan sekitar lokasi, yaitu prediksi kepadatan berada di titik pintu 1 Kebun Raya atau jalan masuk Surya Kencana, maka kita akan melakukan Kanalisasi terhadap kendaraan yang berhenti menurunkan pengunjung maupun kanalisasi orang yang menyeberang ke lokasi,” sambungnya.

Tahapan ini juga sudah mulai melakukan public address sehingga tidak menimbulkan antrean kendaraan yang panjang," tuturnya.

Baca Juga : Kaitan Cap Gomeh dengan lmlek dan Lampion, Simak Sejarahnya

Galih menjelaskan, apabila terjadi kemacetan atau masuk dalam tahap merah maka pintu tol Bogor akan ditutup.

"Ketiga, tahapan merah atau saat kemacetan terjadi, yaitu apabila terjadi kemacetan dan antrian sampai Tugu Kujang, maka kita sudah berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk mengalihkan kendaraan yang Exit Tol Bogor ke Exit Tol Bogor Selatan atau Summarecon. Hal ini untuk menjamin arus lalu lintas terus bergerak," jelas Galih.

Baca Juga : Makna Lampion dan Makanan Khas Yuan Xiao di Perayaan Cap Go Meh, Apa Saja?

Lokasi Parkir 

Sementara itu, bagi warga yang hendak menonton Festival Cap Go Meh dapat memarkirkan kendaraannya di sejumah titik. Kantong-kantong parkir sudah disiapkan oleh Pemkot Bogor.

"Jadi parkir kita sudah siapkan mulai dari Mal BTM, ruas Jalan Otista, Mal Botani Square, ruas Jalan Ir Juanda, sampai dengan gedung Bogor Creative Center (BCC). Jadi kita sudah siapkan titik-titik kantong parkir, apabila pengunjung yang akan masuk ke Kota Bogor, kita sudah siapkan," kata Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Dody Wahyudin kepada wartawan, Rabu (1/2).

Kantong-kantong parkir tersebut bisa menampung hampir 1.000 kendaraan. Pemkot Bogor akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mencegah penumpukan kendaraan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link