Beranda / News

Link Live Streaming Sidang Isbat Idul Fitri 2024, Penentuan 1 Syawal 1445 H

news.terasjakarta.id - Selasa, 9 April 2024 | 13:20 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Link live streaming sidang isbat penetapan Idul Fitri 2024 atau penentuan 1 Syawal 1445 H yang disiarkan di YouTube Bimas Islam. (Freepik/nikitabuida)

Link live streaming sidang isbat penetapan Idul Fitri 2024 atau penentuan 1 Syawal 1445 H yang disiarkan di YouTube Bimas Islam. (Freepik/nikitabuida)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Berikut ini link live streaming sidang Idul Fitri 2024 yang diselenggarakan Kementerian Agama hari ini Selasa, 9 April 2024.

Sidang isbat digelar untuk menentukan penetapan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), isbat merupakan penetapan dan penentuan.

Baca Juga : Sidang Isbat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Digelar Besok 9 April 2024, Pemantauan Rukyatulhilal di 120 Titik

Artinya, sidang isbat merupakan sidang yang dilakukan untuk menetapkan atau menentukan awal bulan dalam kalender Hijriah.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin menyampaikan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar rukyatul hilal atau pemantauan hilal di 120 lokasi di seluruh Indonesia.

Nantinya, sidang isbat yang digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag, Jakarta akan dihadiri oleh Komisi VIII DPR RI, Pimpinan MUI, duta negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Baca Juga : Sidang Isbat 1 Ramadan 1445 H/2024: Pengertian, Tahapan, Jadwal dan Link Streaming

"Jadi kapan hari raya Idul Fitri, kita masih menunggu keputusan sidang isbat. Hasilnya akan diumumkan secara terbuka melalui konferensi pers,” kata Kamaruddin.

Tahapan Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 2024

Sebagai informasi, sidang isbat dibagi menjadi tiga tahap.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Adib Adapun menjelaskan, ada tiga tahap sidang isbat awal Ramadan 2024, yakni sebagai berikut.

1. Pemaparan posisi hilal

Pemaparan posisi hilal dilakukan berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag yang dimulai pukul 17.00 WIB.

Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di YouTube Bimas Islam.

2. Sidang Isbat Penetapan

Tahapan kedua ini akan digelar secara tertutup usai salat Magrib.

Nantinya, selain data hisab, sidang isbat (informasi) juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada sejumlah lokasi di seluruh Indonesia.

3. Konferensi Pers Hasil Sidang Isbat

Tahapan terakhir adalah konferensi pers hasil sidang isbat penetapan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H akan disampaikan melalui siaran langsung di media sosial Kemenag RI.

Link Live Streaming Sidang Isbat Idul Fitri 2024

Sidang isbat dapat disaksikan oleh masyarakat secara online.

Masyarakat bisa menyaksikan melalui siaran langsung di kanal Youtube Bimas Islam.

Adapun link live streaming sidang isbat Idul Fitri 2024 sebagai berikut.

  • https://www.youtube.com/watch?v=KQTNI1uSE0g

Siaran langsung dapat disaksikan mulai pukul 17.00 WIB.

Lebih lanjut, Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Saiful Rahmat Dasuki mengatakan pemerintah memprediksi Hari Raya Idul Fitri akan berpotensi sama yang jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

"Insyaallah Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan secara bersama-sama bagi seluruh umat muslim di Indonesia," kata Saiful pada 25 Maret 2024.

Saiful menjelaskan posisi hilal pada 9 April 2024 sudah memenuhi kriteria Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Demikian informasi link live streaming sidang isbat Idul Fitri 2024 yang akan berlangsung hari ini Selasa, 9 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link