Beranda / News

Sejarah dan Keindahan Masjid Sayyidah Zainab yang Tetap Kokoh Diguncang Gempa Turki-Suriah

news.terasjakarta.id - Kamis, 9 Februari 2023 | 05:44 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Masjid Sayyidah Zainab di Dasmaskus menjdi tempat bersejarah dan indah bagi umat Islam tetap berdiri kokoh meski gempa magnitudo 7,8 mengguncang Turki dan Suriah. (terasjakarta.id/ist)

Masjid Sayyidah Zainab di Dasmaskus menjdi tempat bersejarah dan indah bagi umat Islam tetap berdiri kokoh meski gempa magnitudo 7,8 mengguncang Turki dan Suriah. (terasjakarta.id/ist)

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Sebuah keajaiban terjadi saat gempa bumi dasyat melanda Turki dan Suriah, dimana Masjid Sayyidah Zainab yang terletak di Damaskus tetap kokoh berdiri.

Wajar saja bila hal ini disebut keajaiban mengingat gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah menjadi bencana yang mengerikan.

Baca Juga : Masjid Sayyidah Zainab Tetap Kokoh Diguncang Gempa Suriah

Gempa ini menimbulkan kerusakan besar pada fasilitas dan rumah warga sekitar, yang mengakibatkan ribuan jiwa meninggal dunia dan merobohkan ratusan bangunan.

Namun dasyatnya gempa bumi ini ternyata hanya mengguncang sedikit saja bagian banguna dari Masjid Sayyidah Zainab.

Baca Juga : Update Gempa Turki: Tewas 8.364, WHO Prediksi Korban Meninggal Tembus 20.000 Orang  

Menurut video yang beredar di media sosial, para warganet melaporkan bahwa gempa dahsyat itu hanya menyebabkan lampu kandelir di tengah masjid bergoyang.

Tapi, bangunan Masjid Sayyidah Zainab tetap berdiri tegak dan terlihat tidak memengaruhi kokohnya masjid tersebut.

Masjid Sayyidah Zainab, Peninggalan Sejarah Berharga Umat Islam

Masjid dan situs ziarah Masjid Sayyidah Zainab di Damaskus merupakan kompleks area tempat suci bagi umat Islam.

Kompleks ini didirikan untuk memperingati Sayyidah Zainab, putri Ali dan Fatimah, serta cucu perempuan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga : Update Gempa Turki: 1 WNI Jadi Korban Tewas Bersama Anak dan Suminya, Tertimbun Runtuhan Bangunan

Beberapa orang meyakini bahwa jenazah Sayyidah Zainab dikuburkan di dalam bangunan suci ini.

Sejarah tragis Sayyidah Zainab ditangkap dan ditawan setelah pembantaian di Karbala pada 680 SM merupakan salah satu tragedi bersejarah bagi umat Islam aliran Syiah.

Saat berada di penjara, Sayyidah Zainab menunjukkan perlawanannya dengan melemparkan diri di depan keponakannya Ali dan meminta pihak lawan membunuh mereka berdua.

Baca Juga : Korban Tewas Gempa Turkiye dan Suriah Tembus 7.825 orang,W HO Prediksi Akan Terus Bertambah

Moment penting ini merupakan salah satu bagian dari sejarah umat Syiah. Oleh karena itu, Masjid Sayyidah Zainab di Damaskus menjadi salah satu situs penting bagi umat Syiah.

Menjelajahi Keindahan Masjid Sayyidah Zainab

Interior Masjid  Sayyidah Zainab yang indah dan tetap kokoh meski diguncang gempa dasyat Turki-Suriah. (terasjakarta.id/ist)

Interior Masjid Sayyidah Zainab yang indah dan tetap kokoh meski diguncang gempa dasyat Turki-Suriah. (terasjakarta.id/ist)

Masjid Sayyidah Zainab adalah sebuah bangunan yang indah dan memiliki sejarah yang kaya di tenggara Kota Damaskus, Suriah.

Meskipun berada di tengah-tengah kompleks pertokoan, hotel, dan restoran, keindahannya tak terbantahkan.

Baca Juga : 500 WNI Tinggal di Area Gempa Turki, 10 Terluka dan 2 WNI Hilang Kontak

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keindahan dalam dan luar Masjid Sayyidah Zainab.

Disebutkan dengan sejarah Masjid ini memiliki kaitan dengan cucu Nabi Muhammad SAW dan oleh karena itu sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Bangunan ini memiliki sejarah yang kaya dan memegang peran penting dalam sejarah agama Islam.

Gerbang Masuk yang indah

Bagian dalam Masjid Sayyidah Zainab diyakini menjadi tempat makam cucu Nabi Muhammad SAW tetap kokoh meski diguncang gempa Turki-Suriah. (terasjakarta.id/ist)

Bagian dalam Masjid Sayyidah Zainab diyakini menjadi tempat makam cucu Nabi Muhammad SAW tetap kokoh meski diguncang gempa Turki-Suriah. (terasjakarta.id/ist)

Gerbang masuk ke masjid ini sangat indah dan menawan, dengan mosaik ubin biru yang memperlihatkan gambar bunga, bentuk geometris, dan ayat-ayat suci Al Quran.

Baca Juga : Anies Baswedan Berduka atas Gempa Turki: Seolah Terjadi di Tanah Kami

Ini menciptakan suasana yang spiritual dan mengundang para pengunjung untuk berdoa dan bermeditasi.

Berikut keindahan Masjid Sayyidah Zainab : 

  • Kubah dan pintu emas : Kubah di atas masjid dan pintu ruang doa terbuat dari emas murni, yang memberikan kesan mewah dan megah. Para pengunjung biasanya melantunkan doa dan berduka cucu Nabi Muhammad SAW di depan pintu emas ini. Tampak Luar yang menawan : Dua menara tinggi yang menjulang di atas masjid membuat tampakannya semakin menawan dan memukau. Lampu-lampu kandelir dari kristal yang berkilauan menggantung dari langit-langit masjid memperkaya suasana dan membuat pengunjung merasa seperti berada dalam dunia lain.
  • Hiasan Dalam yang Indah : Bangunan ini juga indah dan menawan di dalam dengan ubin mosaik yang sama, cermin, kristal, dan ornamen emas. Lampu-lampu kristal yang berkilauan membuat suasana menjadi lebih terang dan mempesona.
  • Kapasitas Masjid: Menurut Place and See, Masjid Sayyidah Zainab dapat menampung lebih dari 1.300 orang di dalam bangunan dan 150 lainnya di halaman. Kompleks bangunan ini buka hingga jam 21.00 waktu setempat, memberikan pengunjung kesempatan untuk mengunjungi dan menikmati keindahannya kapan saja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link