Beranda / News

Jokowi Optimis Istana Presiden di IKN Selesai Dibangun 2024: Agustus Bisa Upacara di Sini

news.terasjakarta.id - Kamis, 23 Februari 2023 | 17:31 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Istana Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. (terasjakarta/instagram @jokowi)

Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Istana Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. (terasjakarta/instagram @jokowi)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai pada 2024.

Jokowi mengatakan upacara HUT RI ke-79 di tahun 2024 bakal dilaksanakan di Istana Presiden IKN.

Hal itu dikatakan Jokowi saat meninjau pembangunan Istana Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara, Kamis 23 Februari 2023.

Baca Juga : Ini Nama Calon Gubernur BI 2023-2028, Yang Santer Akan Dipilih Jokowi

"Jadi ini kawasan ini adalah Istana Kepresidenan yang saya optimis tahun depan bulan Agustus insyaallah bisa upacara di sini. Optimis insyaallah selesai (pembangunan istana presiden di IKN)," kata Jokowi.

Jokowi memastikan desain Istana Presiden di IKN masih sama, namun, ada beberapa hal yang disesuaikan dengan kondisi lapangan.

"Di lapangan ya mungkin sedikit penyesuaian dengan kondisi di lapangannya," terang Jokowi.

Presiden Jokowi menyampaikan Istana Presiden di IKN akan segera ditempati telah selesai dibangun.

Baca Juga : Bantu Korban Gempa Turki dan Suriah, Jokowi Kirim 140 Ton Bahan Makanan dan Logistik

Jokowi berharap setelah Istana Presiden rampung segera ada keramaian di IKN agar fasilitas penunjang lainnya seperti sarana pendidikan, mal hingga tempat hiburan dapat dibangun.

"Kalau ada keramaian berarti perlu restoran, perlu sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA, universitas, perlu rumah sakit, perlu klinik, perlu entertainment, hiburan, perlu mal dan lain-lain," ujar Jokowi.

Kesempatan sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, sejauh ini progres fisik infrastruktur keseluruhan di IKN Nusantara sudah mencapai 14 persen.

Baca Juga : Jokowi Targetkan Heru Budi Normalisasi Kali Ciliwung Rampung di 2024

Basuki menyebut, ada 31 paket yang dikerjakan oleh kontraktor, konsultan manajemen konstruksi, dan supervisi, antara lain pekerjaan land development, hunian pekerja, jalan logistik, jalan tol, embung serta drainase, intake air baku, kantor kementerian koordinator, sumbu kebangsaan, kompleks kantor dan istana negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link