Beranda / News

Diprediksi 25 Juta Pemotor Mudik Lebaran Tahun Ini, Menhub Khawatir

news.terasjakarta.id - Jumat, 17 Maret 2023 | 14:02 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Ilustasi mudik lebaran menggunakan sepeda motor untuk kembali ke kampung halaman. (Freepik/@kroshka__nastya)

Ilustasi mudik lebaran menggunakan sepeda motor untuk kembali ke kampung halaman. (Freepik/@kroshka__nastya)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memprediksi sebanyak 25 juta pemudik akan pulang ke kampung halaman dengan menggunakan motor saat Lebaran 2023. 

Menhub Budi Karya menambahkan jumlah pemudik yang menggunakan motor ke kampung halaman adalah 20 persen dari jumlah keseluruhan pemudik di Indonesia pada Lebaran tahun ini yang berjumlah 123,8 juta orang.  

“Lebaran tahun ini diprediksi pengguna sepeda motor mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang,” kata Menhub  Budi Karya dalam keterangan resminya, Jumat (17/3/2023). 

Baca Juga : KAI Siapkan 6,2 Juta Tiket Mudik Lebaran 2023, Antisipasi Lonjakan Penumpang

Lebih lanjut Budi Karya menambahkan meski memiliki risiko keselamatan yang cukup tinggi namun ia memprediksi bahwa penggunaan sepeda motor oleh pemudik masih tetap tinggi di Lebaran kali ini.    
    
Dibanding menggunakan kendaraan lainnya seperti mobil maupun kendaraan umum bus atau kereta api.

Menteri Perhubungan Imbau Pemudik Tak Gunakan Sepeda Motor

Mengingat adanya potensi kecelakaan yang sangat tinggi, Menteri Perhubungan mengimbau masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan mudik untuk tidak menggunakan sepeda motor.

Baca Juga : Tips Berkendara Aman Mudik Lebaran 2023, Pengendara Wajib Tahu
 
Budi Karya menyarankan untuk pemudik menggunakan transportasi lain agar tidak membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. 

Menhub Siapkan Program Mudik Gratis

Meski mengimbau untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik lebaran, Budi Karya menyampaikan kepada pemudik di seluruh Indonesia untuk dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. 

Baca Juga : Mudik Gratis 2023 Bersama BUMN Resmi Dibuka, Erick Thohir Siapkan 65 Ribu Kuota

Dalam program mudik gratis tersebut, Budi menyebut akan membawa penumpang sekaligus sepeda motornya secara gratis sehingga kendaraan tersebut bisa digunakan ntuk bermobilitas di tempat tujuan.

Tujuan dari program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan ini untuk mengurangi jumlah pemudik oengguna motor.
 
Lebih lanjut, Budi juga mengimbau program-program mudik gratis juga dapat dilaksanakan di berbagai pihak yang meliputi Kementerian atau Kelembagaan, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, dan pihak lainnya.

Sehingga, semakin banyaknya kuota mudik gratis, diharapkan dapat menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan yang banyak melibatkan pengguna sepeda motor, sert mengurangi kepadatan di jalan.

Baca Juga : Gelar Mudik Gratis 2023, Pemprov DKI Siapkan 482 Bus dan 23 Truk

Kemenhub menyelenggarakan program mudik gratis melalui jalur darat, laut, dan kereta api. Di mana masyarakat dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id atau aplikasi Mitra Darat yang bisa diunuh di ponsel maupun secara ofline.

Pendaftaran yang dilakukan secara ofline digelar di kantor Pusat Kemenhub Jakarta dan dibeberapa simpul transportasi serta titik lokasi lainnya. 

Untuk pendaftaran program mudik gratis Kemenhub dibuka sejak Maret sampai Mei mendatang atau bisa diperpanjang selama memenuhi kuota yang disediakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link