Beranda / News

Terbaru! Contoh Soal PPG Kemenag 2023, Wajib Dipelajari Guru

news.terasjakarta.id - Jumat, 24 Maret 2023 | 15:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Soal terbaru program Pendidikan Profesi Kementerian Agama (PPG Kemenag) tahun 2023. (Freepik/@jannoon028)

Soal terbaru program Pendidikan Profesi Kementerian Agama (PPG Kemenag) tahun 2023. (Freepik/@jannoon028)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Berikut contoh soal terbaru program Pendidikan Profesi Kementerian Agama (PPG Kemenag) tahun 2023.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) kembali diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) melalui perguruan tinggi Agama Islam pada tahun 2023 ini.

Diselenggarakan oleh perguruan tinggi Agama Islam, PPG telah memiliki program pengadaan tenaga pendidikan untuk memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Baca Juga : Golkar Minta Guru Honorer di Cirebon yang Kritik Ridwan Kamil Tak Perlu Dipecat, Cukup Dibina Saja

Pada tahun 2023, Kemenag kembali menggelar program PPG yang dapat diikuti oleh guru melalui sejumlah tahapan, salah satunya pres test (tahap awal).

Sebelum melaksanakan test atau ujian, tentunya para guru akan mempelajari contoh soal-soal PPG Kemenag agar dapat mengikuti seleksi ujian dengan lancar dan lolos.

Dengan mempelajari contoh soal-soal sebelum melakukan ujian, guru dapat memperoleh peluang untuk menunjang profesinya sebagai seorang guru profesional.

Untuk itu, berikut contoh soal-soal PPG Kemenag 2023 yang dapat dipelajari oleh para guru sebelum mengikuti seleksi ujian PPG yang diselenggarakan oleh Kemenag.

Baca Juga : Guru Honorer di Cirebon yang Kritik Ridwan Kamil Batal Dipecat, Tolak Tawaran Kembali Mengajar

1. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar..

a. Behaviorisme
b. Kognitivisme
c. Konstruktivisme
d. Sibernati


2. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses serta hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam...

a. RPP
b. Silabus
c. SKL
d. Silabus dan RPP

3. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian.....

a. Adil
b. Obyektif
c. Valid
d. Sistematis

Baca Juga : Menparekraf Tingkatkan Pengawasan Sewa Motor Turis Asing, Guru Besar Udayana: Jangan Digeneralisasi

4. Peserta didik yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain.

Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahapan....

a. Penalaran pascakonvensional
b. Penalaran konvensional
c. Penalaran prakonvensional
d. Penalaran interkonvensional

5. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun.

Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan di atas sejalan dengan teori belajar...

a. Sibernetik
b. Konstruktivisme
c. Behaviorisme
d. Kognitivisme

6. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah...

a. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
b. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
c. Membantu siswa agar memperoleh informasi baru
d. Membantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

Baca Juga : Peserta PPPK Guru 2022 yang Tidak Lolos Seleksi, Masih Bisa Ikut Masa Sanggah

7. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, kecuali....

a. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
b. Teknologi sebagai bahan dan alat bantu pembelajaran (literacy)
c. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
d. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

8. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal dengan cepat, tetapi hasilnya banyak kesalahan.

Gaya belajar para siswa tersebut adalah....

a. Gaya berpikir bebas
b.aya berpikir terikat
c. Reflektif
d. implusive

9. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru....

a. Mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan di sekitar siswa
b. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
c. Memberi contoh penting toleransi
d. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

Baca Juga : Cara Cek Info GTK 2023 Melalui SSO Dapodik, Para Guru Wajib Tahu

10. Kamampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan...

a. Moral
b. Kognitif
c. Sosial
d. Emosional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link