Beranda / News

Pemerintah Buka Pendaftaran Sekolah Kedinasan Mulai 1 April 2023, Simak Cara Daftarnya

news.terasjakarta.id - Rabu, 29 Maret 2023 | 16:09 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan 2023 akan dibuka mulai dari 1 April hingga 30 April 2023. (dok STAN)

Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan 2023 akan dibuka mulai dari 1 April hingga 30 April 2023. (dok STAN)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Pemerintah kembali membuka penerimaan calon mahasiswa, taruna, dan praja dalam seleksi sekolah kedinasan tahun angkatan 2023.

Dalam pendaftaran seleksi sekolah kedinasan ini, akan dibuka 4.138 formasi yang telah disetujui oleh tujuh instansi yang menaungi sekolah kedinasan.

Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan akan dibuka selama 1 bulan penuh, mulai dari 1 April hingga 30 April 2023.

Baca Juga : Catat! Link Pendaftaran UTBK SNBT 2023 yang Dibuka Hari Ini

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa masyarakat yang berminat mendaftar seleksi sekolah kedinasan harus mempersiapkan diri dan dokumen yang diperlukan dalam seleksi sekolah kedinasan tahun 2023 ini.

Menpan RB Anas menjelaskan bahwa untuk sementara pihaknya sudah memetakan sebanyak 4.138 kebutuhan di seleksi sekolah kedinasan yang berada dibawah 7 instansi pemerintahan.

Selain itu, dalam keterangan resminya pada Rabu (29/3), masih ada sekolah kedinasan yang sedang Kemenpan RB kaji bersama kementrian terkait.

Menpan RB Anas menegaskan seleksi sekolah kedinasan 2023 ini akan bersifat objektif dan transparan sesuai dengan kemampuan pelamar sekolah kedinasan saat melakukan tes seleksi.

Baca Juga : Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2023 untuk SNBT 2023, Ini Syarat Daftar KIP Kuliah

Dirinya memastikan bahwa tidak akan ada calo atau bentuk kecurangan lainnya dalam seleksi sekolah kedinasan tahun 2023 ini.

Hal ini bisa dirinya pastikan karena sistem yang dibangun sangat transparan, bahkan hasil nilai seleksi sekolah kedinasan tahun 2023 ini dapat dilihat secara real-time.

Daftar Instansi yang Membuka Pendaftaran Seleksi Sekolah Kedinasan 2023

Berikut adalah daftar sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran seleksi sekolah kedinasan tahun 2023:

Baca Juga : PKN STAN Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Lulusan SMA Wajib Tahu

  • Kementrian perhubungan melalui 22 Sekolah Perhubungan dengan total 1.408 kebutuhan
  • Kementrian Keuangan dengan total 1.100 kebutuhan
  • Kementrian Hukum dan HAM melalui Poltekim dan Poltekip dengan total 525 kebutuhan
  • BPS melalui Politeknik Statistika STIS dengan total 500 kebutuhan
  • BIN melaluin STIN dengan total 400 kebutuhan
  • BSSN melalui Politeknik Siber dan Sandi Negara dengan total 125 kebutuhan
  • BMKG melalui Sekolah Tinggi Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika dengan total 80 kebutuhan

Cara Mendaftar Seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2023

Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan 2023 bisa dilakukan melalui website resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara atau SSCASN-BKN di laman https://sscasn.bkn.go.id.

Baca Juga : Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka Hingga 31 Oktober, Simak Tips Lolos Beasiswa

Pelaksanaan SKD Sekolah Kedinasan 2023

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD seleksi sekolah kedinasan direncakan akan digelar pada Mei hingga Juni 2023.

SKD seleksi Sekolah kedinasan 2023 direncakanan berlangsung selama 100 menit dengan meliputi tes karakteristik pribadi, tes intelegensia umum, dan tes wawasan kebangsaan.

Layaknya tes CASN pada umumnya, SKD seleksi sekolah kedinasan akan menggunakan Computer Assisted Test untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam proses seleksi tersebut.

Baca Juga : Buruan! Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 Sudah Dibuka, Bisa Dapat Insentif hingga RP4,2 Juta, Ini Jadwalnya

Jika peserta telah dinyatakan lolos SKD seleksi sekolah kedinasan 2023, peserta berhak mengikuti seleksi lanjutan seleksi dengan memenuhi nilai ambang batas dan berperingkat terbaik.

Pemerintah telah mengonfirmasi untuk memberikan kesempatan dalam memperoleh pendidikan terutama untuk wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal atau 3T.

Jika ada pelamar seleksi sekolah kedinasan yang memperoleh nilai SKD sama dan berada pada peringkat tiga kali jumlah formasi, makan penentuan lolos SKD akan dilakukan berurutan berdasarkan dari nilai TKP, TIU, dan TWK.

Selain itu juga akan ditentukan melalui nilai rata-rata yang tertulis pada ijazah sekolah lanjutan atas/sederajat atau berdasarkan nilai rapor sesuai dengan persyaratan pendaftaran seleksi sekolah kedinasan 2023 dan juga akan ditentukan dari usia tertinggi.

Baca Juga : Revisi Tanggal! Cuti Bersama Lebaran 2023 Jadi 19-25 April 2023

Nilai ambang batas tersebut mengacu pada Kepmen Nomor 137 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas SKD Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementrian atau Lembaga TA 2023.

Sementara untuk seleksi lanjutan seleksi sekolah kedinasan 2023 akan diatur oleh masing-masing instansi yang menaungi sekolah kedinasan tersebut.

Menpan RB Anas menyarankan bagi para pelamar untuk sering mencari informasi di web resmi masing-masing instansi yang membuka pendaftaran seleksi sekolah kedinasan dan menghindari dari sumber yang tidak resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link