Beranda / News

Nyolong Kekinian! Pelaku Penempel QRIS Palsu Meraup Uang Rp13 Juta Dalam Waktu 10 Hari

news.terasjakarta.id - Selasa, 11 April 2023 | 18:02 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pelaku penempel kode QRIS palsu berhasil mengumpulkan uang senilai Rp13 juta hanya dalam waktu 10 hari. (ist)

Pelaku penempel kode QRIS palsu berhasil mengumpulkan uang senilai Rp13 juta hanya dalam waktu 10 hari. (ist)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Pelaku penempel QRIS palsu di kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square ditangkap pihak kepolisian di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Pelaku penempel QRIS palsu tersebut bernama Iman Mahlil Lubis ternyata telah menjalankan aksinya menempelkan QRIS palsu disejumlah lokasi di sekitar wilayah DKI Jakarta.

Tidak tanggung-tanggung, pelaku penempel kode QRIS palsu berhasil mengumpulkan uang senilai Rp13 juta hanya dalam waktu 10 hari.

Baca Juga : Pelaku Penempel QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid Ditangkap, Sudah Beraksi 38 Kali 

Modus yang dilakukan pelaku penempel QRIS palsu tersebut terbongkar usai video viral di media sosial yang menampilkan dirinya sedang menepelkan kode QRIS palsu miliknya di kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square.

Modus yang dilakukan pelaku adalah dengan menutup sticker kode QRIS asli yang ada di beberapa tempat di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Tercatat tersangka telah melancarkan aksinya menempel QRIS palsu di Masjid Nurul Iman, Blok M Square; Masjid Nurullah Kalibata City, Pancoran; Masjid Istiqlal; dan sejumlah masjid lainnya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Auliansyah Lubis di Polda Metro Jaya, Selasa, 11 April 2023 menjelaskan bahwa pihaknya telah mengamankan satu orang MIML di mana yang bersangkutan adalah orang yang menempel QRIS tersebut di Masjid Nurul Iman Blok M.

Baca Juga : Duh, Masjid Istiqlal Juga Jadi Sasaran QRIS Palsu, Sudah 50 Stiker Dicopot

Aksi Iman menempelkan QRIS palsu ternyata tidak hanya di Masjid Nurul Iman Blok M Square, ternyata ada 38 masjid yang ditempeli kode QRIS palsu di wilayah Jakarta dan Tanggerang.

Tidak hanya di rumah ibadan, Pelaku penempel QRIS palsu juga beraksi menempelkan kode QRIS palsu di gerai-gerai ATM, SPBU, hingga di Bandara.

Auliansyah mengatakan bahwa pelaku penempel QRIS palsu menjalankan aksinya di gerai ATM BSI Pondok Indah, BSI Radio Dalam, BSI Panglima Polim, BCA Mayestik, BCA Grand WIjaya, dan BSI Fatmawati.

Baca Juga : Polisi Selidiki Pengganti Barcode QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid Blok M Square

Selain itu Auliansyah menjelaskan bahwa aksi pelaku penempel QRIS palsu hingga ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, SPBU, dan pusat perbelanjaan di wilayah Jakarta Selatan hingga Jakarta Pusat.

Pelaku penempel QRIS palsu diduga berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp13 juta dari kode QRIS palsu yang ditempelkan di beberapa tempat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Data tersebut diambil dari hasil temuan sementara dari rekening dan dompet digital yang digunakan pelaku dalam periode 1 April 2023 hingga 10 April 2023.

Baca Juga : Soal QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid Blok M Square, Ada Jemaah yang Transfer Rp100 Ribu

Meski begitu, Auliansyah menjelaskan bahwa penyidik masih mendalami terkait modus penipuan kode QRIS palsu yang dijalankan pelaku tersebut.

Sebab, Auliansyah menduga pelaku penempel kode QRIS palsu menjalankan aksinya dengan beberapa nomor rekening yang berbeda yang digunakan untuk mengumpulkan uang dari aksinya tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link