Beranda / News

Beli Sepatu LV Seharga Rp17,9 Juta, Wali Kota Bandung Yana Mulyana Sampai Harus Korupsi?

news.terasjakarta.id - Senin, 17 April 2023 | 17:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Yana Mulyana dikatakan belanjakan uang korupsi membeli sepatu sneakers Louis Vuitton seharaga Rp17,9 juta. (Humas Setda Kota Bandung)

Yana Mulyana dikatakan belanjakan uang korupsi membeli sepatu sneakers Louis Vuitton seharaga Rp17,9 juta. (Humas Setda Kota Bandung)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Yana Mulyana Wali Kota Bandung disebut membelanjakan uang korupsi salah satunya dengan membeli sepatu sneakers dari brand mode Louis Vuitton.

KPK menyatakan bahwa uang hasil korupsi Yana Mulyana tersebut berasal dari Manajer PT Sarana Mitra Adiguna Andreas Guntoro sebagai pihak pemberi suap.

Wakil Ketua KPK Ghufron mengatakan di Gedung KPK, Minggu, 16 April 2023 bahwa Yana Mulyana menerima sejumlah uang dari Andreas Guntoro yang diperantarai KR sebagai "uang saku" dan membelanjakan uang tersebut dengan membeli sneakers keluaran brand mode Perancis, Louis Vuitton.

Baca Juga : Wali Kota Bandung Yana Mulyana Terjaring OTT KPK, Dugaan Suap Program Bandung Smart City

Dalam konfrensi pers di Gedung KPK tersebut, mereka juga menunjukan barang bukti yang telah didapatkan dalam operasi tangkap tangan atau OTT.

Selain sepatu Louis Vuitton, KPK juga menyita uang asing dalam pecahan dolar AS, ringgit Malaysia, yen Jepang, dan juga baht Thailand.

Ghufron menjelaskan bahwa keseluruhan barang bukti tersebut ditotal mencapai Rp924,6 juta.

Menelisik lebih dalam, sepatu Louis Vuitton yang dibelanjakan Yana Mulyana berkode 1A9JN8 dan memiliki nama Charlie.

Baca Juga : Rafael Alun Jadi Tersangka Korupsi, Sabuk dan Sepeda Disita KPK

Melansir dari website Louis Vuitton, sepatu tersebut adalah produk desain pertama Louis Vuitton yang menggunakan bahan dasar ramah lingkungan.

Mereka mengklaim bahwa 90 persen dari bahan sepatu tersebut berbahan dasar ramah lingkungan seperti bioplastik.

Berdasarkan laman tersebut, sepatu Louis Vuitton Yana Mulyana dijual senilai 1.120 dolar AS atau setara Rp16,5 juta, namun jika di Indonesia sepatu tersebut dijual di angka Rp17,9 juta.

Baca Juga : Rafael Alun Ditahan KPK, Rp32 Miliar Uang Korupsi Disita

Selain Yana Mulyana, KPK juga menetapkan 5 orang lainnya sebagai tersangka, yaitu Dadang Darmawan selaku Kepala Dishub Pemkot Bandung dan Khairul Rijal selaku Sekretaris Dishub Pemkot Bandung.

Selain itu, pihak pemberi suap dalam kasus ini juga ditetapkan sebagai tersangka, yaitu Benny selaku Direktur PT Sarana Mitra Adiguna, Andreas Guntoro, dan Sony Setiadi selaku CEO PT Citra Jelajah Informatika.

Kasus korupsi Wali Kota Bandung Yana Mulyana tersebut terkait dengan pengadaan CCTV dan jasa internet dalam proyek Bandung Smart City.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Yana Mulyana terjaring OTT yang dilakukan oleh KPK pada Jumat, 14 April 2023.

Baca Juga : KPK Duga Rafael Alun Korupsi sejak 2011, Kini Sudah Jadi Tersangka

Yana Mulyana dilantik oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Kamis, 18 April 2022 tahun lalu.

Yana terjaring OTT KPK empat hari sebelum dirinya resmi menjabat sebagai Wali Kota Bandung selama satu tahun.

Yana bersama delapan pihak yang terkait suap, tengah menjalankan pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK dan ditahan untuk 20 hari kedepan untuk pemeriksaan lebih mendalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link