Beranda / News

Gempa Bumi Magnitudo 7,3 Kepulauan Mentawai, BNPB Kota Padang: Tidak Ada Kerusakan Bangunan Struktural

news.terasjakarta.id - Selasa, 25 April 2023 | 08:47 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Gempa bumi magnitudo 7,3 melanda Kepulauan Mentawai, Sumatera barat.  (Pixabay/Tumisu)

Gempa bumi magnitudo 7,3 melanda Kepulauan Mentawai, Sumatera barat. (Pixabay/Tumisu)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,3 mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Selasa, 25 April 2023.

Mengutip Twitter resmi BMKG, gempa dengan kekuatan magnitudo 7,3 yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, terjadi pada pukul 03.00 WIB.

Plt Kapusdatinkom Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari dari Kota Padang menyampaikan bahwa gempa yang terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat terasa kuat dengan guncangan lebih dari 30 detik.

Baca Juga : Gempa Bumi Skala 7,3 Magnitudo Kepulauan Mentawai, Dirasakan di Tujuh Kota/Kabupaten

Guncangan kuat yang disebabkan gempa di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dirasakan lebih dari 30 detik itu membuat masyarakat keluar rumah dan sempat panik, tetapi kondisi terkendali.

BNPB menyebut saat ini sebagian masyarakat telah mengevakuasi dengan menjauhi laut usai BMKG sempat memberikan peringatan dini adanya potensi tsunami.

"Masyarakat keluar rumah, sempat panik tapi terkendali. Saat ini sebagian ada yang evakuasi menjauhi laut," kata Abdul Muhari dalam keterangan tertulis.

Abdul Muhari juga mengatakan guncangan kuat dirasakan dari lantai 5 Hotel Mercure Kota Padang di IV-V-MMI. Di mana dinding berderik, lampu bergoyang, serta barang di atas meja ada yang jatuh.

Baca Juga : Gempa Kekuatan M 7,3 Guncang Mentawai, BMKG Cabut Peringatan Tsunami Dini

BNPB juga memaparkan berdasarkan pantauan yang terbatas secara visual, tidak terlihat adanya kerusakan struktural akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,3.

Meski begitu, BNPB menyebut pihaknya masih menunggu laporan detail dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Pantauan terbatas secara visual tidak terlihat ada kerusakan struktural, laporan detail masih menunggu dari BPBD," tutur Abdul Muhari.

Baca Juga : BMKG: Gempa M 5,8 di Bima NTB Terasa hingga Makassar

Sebelumnya, BMKG memberikan peringatan adanya potensi tsunami. Namun, saat ini peringatan dini mengenai potensi tsunami pasca gempa yang melanda wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat telah dicabut.

"Peringatan dini tsunami yang disebabkan gempa magnitudo 7,3 25 April 2023 03.00.57 WIB dinyatakan berakhir," tulis BMKG.

Kendati demikian, BMKG tetap mengimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah Pulau Tanabal, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara untuk selalu waspada karena waktu tiba gelombang dapat berbeda.

BMKG juga melaporkan sebanyak 7 kali aktivitas gempa susulan (aftershock) yang terjadi hingga pagi ini dengan magnitudo 4,6.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link