Beranda / News

Puncak Arus Balik Lebaran 2023 Diprediksi Malam Ini, Kemacetan Mulai Nampak di Tol Japek

news.terasjakarta.id - Rabu, 26 April 2023 | 03:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Puncak arus balik lebaran 2023 diperkirakan akan terjadi pada malam ini dan kemacetan akan terjadi di beberapa titik menuju Jakarta. (ist.)

Puncak arus balik lebaran 2023 diperkirakan akan terjadi pada malam ini dan kemacetan akan terjadi di beberapa titik menuju Jakarta. (ist.)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Puncak arus balik Lebaran 2023 diperkirakan terjadi malam ini di jalan tol menuju ke Jakarta dan kemacetan akan terjadi di beberapa titik.

Jasa Marga dalam cuitannya di Twitter mengatakan bahwa pada pukul 23.36 WIB Tol Jakarta Cikampek KM 58 hingga KM 57 arah Jakarta padat begitupun pada wilayah Karawang Barat KM 49 hingga KM 47.

Pengendara dihimbau agar tetap tertib melaju di Tol Cikampek arah Jakarta dan masih diberlakukan sistem contraflow untuk mengurai kemacetan imbas kepadatan volume kendaraan.

Baca Juga : Arus Balik Lebaran 2023, Hari Ini 42 Ribu Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta

Pengendara juga dihimbau untuk tidak menumpuk di satu titik rest area dan juga diberlakukan buka tutup bagi para pengendara.

Mengacu pada aplikasi Google Maps nampak sejumlah titik warna merah dan oranye di Tol Japek arah Jakarta dan menandakan terjadinya kepadatan kendaraan di wilayah tersebut.

Warna merah nampak terjadi disekitar rest area KM 52 Tol Japek arah Jakarta.

Dalam mengurai kepadatan volume kendaraan pada periode arus balik Lebaran 2023, sistem rekayasa lalu lintas arus balik mudik Lebaran 2023 diberlakukan mulai dari one way, contraflow, serta ganjil genap.

Baca Juga : Jadwal Lengkap One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran 2023

Penerapan sistem rekayasa lalu lintas arus balik mudik Lebaran 2023, seperti one way, contraflow, dan ganjil genap dibagi menjadi dua periode.

Sistem rekayasa one way, contraflow, dan ganjil genap arus balik Lebaran 2023 diberlakukan di sejumlah tol untuk mengurangi kepadatan volume kendaraan saat menuju Jakarta.

Sedangkan untuk pengguna Tol yang ingin melakukan perjalanan menuju Cikampek, pihak kepolisian mengarahkan agar menggunakan jalan arteri melalui jalur Pantura.

Baca Juga : Skema One Way Arus Balik Lebaran 2023 Diperpanjang Hingga 25 April 2023

Hal ini dilakukan imbas penerapan skema one way pada arus balik Lebaran 2023 yang diberlakukan mulai dari KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cikampek.

Puncak arus mudik Lebaran 3034 diprakirakan akan terjadi pada tanggal 24-30 April dan 1 Mei 2023.

Sebelumnya pada Senin, 24 April 2023, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division mencatatkan 214.794 kendaraan menuju Jakarta dan Jawa Barat di periode arus balik Lebaran 2023.

Angka tersebut menunjukan peningkatan volume kendaraan sebesar 29,06 persen jika dibandingkan pada volume kendaraan harian normal sebanyak 166.429 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link