Beranda / News

DKI Jakarta Cairkan Bansos KLJ, KPDJ, KAJ, dan KPARJ 2023 

news.terasjakarta.id - Jumat, 28 April 2023 | 06:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
DKI Jakarta salurkan bansos program PKD ke warga Jakarta yang menerima bantuan jenis KLJ, KPDJ, KAJ, dan KPARJ. (iStock/Anggi Dharma Prasetya)

DKI Jakarta salurkan bansos program PKD ke warga Jakarta yang menerima bantuan jenis KLJ, KPDJ, KAJ, dan KPARJ. (iStock/Anggi Dharma Prasetya)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta cairkan bantuan sosial (bansos) tahun 2023 untuk para warga Jakarta yang berhak mendapatkannya.

Bansos yang disalurkan merupakan program Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) seperti Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ), dan Kartu Peduli Anak dan Remaja Jakarta (KPARJ).

Pencairan bansos DKI Jakarta tersebut dijadwalkan dimulai pada Rabu, 19 April 2023. Berikut adalah proses pencairan bansos KLJ, KPDJ, KAJ, dan KPARJ.

Baca Juga : Bansos PKH Tahap 2 Cair Lewat KKS, Simak Cara Cek Penerima

Penerima Bansos yang Sudah Ada (Existing)

Dinsos DKI Jakarta akan memberikan bansos PKD ini kepada penerima yang sudah ada (ezisting) sejak tahun 2022, hasil dari rekonsiliasi pada bulan Desember 2022.

Setiap penerima akan mendapatkan besaran dana sebeser Rp300 ribu per bulan, sehingga total dana yang diterima adalah sebesar Rp1,2 juta untuk periode Januari-April 2023.

Baca Juga : Bansos PKH dan BPNT Dikabarkan Cair Setelah Lebaran, Simak Informasinya

Adapun jumlah penerima bansos tahun 2023 ini dikategorikan sesuai kebutuhan yang disalurkan, berikut daftarnya

  • KLJ sebanyak 92.475 penerima
  • KPDJ sebanyak 12.893 penerima
  • KAJ sebanyak 6.777 penerima
  • KPARJ sebanyak 2.527 penerima

Baca Juga : Pemerintah Bagikan 78 Ribu Paket Bansos Telur dan Daging Ayam ke Keluarga Rawan Stunting

Penerima Bansos Baru

Saat ini untuk para warga Jakarta sebagi penerima baru bansos PKD ini tengah dilakukan verifikasi lapangan untuk kelengkapan data dalam pembuatan kartu rekening.

Hal ini bertujuan untuk memastikan agar data penerima bansos akurat dan penerima merupakan orang yang berada di wilayah domisilinya.

Setelah ditetapkan sebagai penerima baru bansos, langkah berikutnya yaitu memenuhi undangan pemanggilan distribusi sebanyak dua kali dari Bank DKI.

Baca Juga : Daftar Bansos yang Cair Jelang Lebaran 2023, Ada Beras dan Uang Tunai

Panggilan ini nantinya untuk memperoleh buku rekening baru dan kartu ATM sesuai dengan SOP dan ketentuan perbankan.

Adapun proses pencairan dana ini dilakukan atas keputusan atau ketetapan Gubernur.

Masyarakat yang dinyatakan sebagai penerima bansos ini, dapat mencaikannya di kontor pos terdekat dan juga kantor Dinas Sosial terdeket dengan membawa Kartu Keluarga (KK), identitas diri (KTP), dan dokumen lainnya yang disyaratkan petugas untuk mengambil bantuan.

Dokumen yang perlu dibawa tersebut guna untuk meminimalisir penyalhgunaan bansos yang disalurkan oleh Dinsos DKI Jkarta, serta bansos yang disalurkan dapat diterima tepat sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link