Beranda / News

Pemerintah Salurkan Bansos Ayam dan Telur untuk Ribuan Keluarga Rawan Stunting di Banyuwangi

news.terasjakarta.id - Senin, 8 Mei 2023 | 03:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Bansos ayam dan telur akan disalurkan untuk keluarga penerima manfaat yang memiliki anak atau balita berisiko stunting. (Foto: iStock)

Bansos ayam dan telur akan disalurkan untuk keluarga penerima manfaat yang memiliki anak atau balita berisiko stunting. (Foto: iStock)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERJAKARTA.ID - Pemerintah baru saja mencairkan bantuan sosial (bansos) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) berupa bantuan ayam dan telur ke warga di Banyuwangi.

Bansos bahan pangan ayam dan telur tersebut disalurkan kepada keluarga rawan stunting (KRS) di wilayah Banyuwangi dan tercatat telah ada 9.948 KPM.

Ribuan warga Banyuwangi yang telah tercatat namanya oleh Badan Pangan Nasional maka berhak menerima bantuan ayam dan telur.

Adapun penerima bansos pangan ini mendapatkan regulasi bahan pangan 10-15 butir telur dan 1 kilogram daging ayam.

Baca Juga : Simak Cara Cek Bansos BPNT 2023 Online Lewat HP

Ipuk Fiestiandani selaku Bupati banyuwangi mengatakn bahwa program bansos pangan ini merupakan upaya pemerintah pusat dalam menurunkan angka stunting.

Pada wilayah Banyuwangi sendiri, penyaluran telah dilaksanakan oleh PT Pos Indonesia mulai tanggal 4 Mei 2023.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Banyuwangi, Henik Setyorini mengatakan bahwa total keseluruhan keluarga di Banyuwangi yang terverifikasi layak menerima bantuan ini ada sekitar 9.948 KRS.

Baca Juga : Bansos PKH Tahap 2 Cair Bulan Mei 2023, Ini Kategori Penerimanya

Data tersebut diambil sejak pendataan tahun 2021 yang dilakukan Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Data itu dari pendataan keluarga tahun 2021 (PK21) yang dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)," pungkas Henik Setyorini.

Di Banyuwangi bansos pangan ini disalurkan berbasis di kecamatan, dan selama dua hari penyaluran mulai tanggal 4-5 Mei 2023 telah tercatat ada 7.695 KRS yang menerima bansos ayam dan telur.

Dalam penanganan keluarga rawan stunting, Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Banyuwangi mengalokasikan APBD senilai Rp7 miliar pada intervensi nutrisi ibu hamil risti dan dauta stunting dari keluarga tidak mampu.

Baca Juga : Simak Informasi Bansos yang Dicairkan Pemerintah Bulan Mei 2023, Ada YAPI hingga PKH

Tak hanya itu, Pemkab jua libatkan pedagang sayur untuk ikut salurkan bantuan makanan tambahan untuk KRS dan ibu hamil.

Sebelumnya, Frans Marganda Tambunan selaku Direktur Utama ID FOOD juga menyalurkan bantuan pangan bansos ayam dan telur pada tanggal 15 April 2023.

Pembagian bansos telur dan daging ayam ini dibagikan kepada 78 ribu keluarga rawan stunting di empat provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten.

Baca Juga : Bansos Rp2,4 Juta Cair Buat UMKM, Buruan Cek Nama Penerima Disini!

Pembagian bansos telur dan daging ayam tersebut dapat diambil langsung di Kantor Pos terdekat atau dikirimkan ke alamat penerima.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi menjelaskan bahwa Bansos telur dan daging ayam tersebut dapat diambil langsung ke kantor pos terdekat, jika alamat penerima dekat dengan kantor pos.

Pos Indonesia akan mengirimkan langsung paket bansos berupa telur dan daging ayam tersebut ke pusat komunitas warga seperti balai desa jika penerima jauh dari Kantor Pos.

Sedangkan bagi penerima bansos telur dan daging ayam yang masuk dalam kategori disabilitas, bansos tersebut akan diantarkan langsung ke alamat penerima.

Baca Juga : 6 Golongan Penerima Bansos PKH dan BPNT Tahap 2 Dicoret, Apa Saja?

Sama seperti penyandang disabilitas, bansos juga akan langsung dikirimkan ke alamat rumah bagi penerima di daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal atau 3T.

Tahapan pertama penyaluran bansos telur dan daging ayam ini disalurkan kepada 78 ribu keluarga rawan stunting di empat provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Banten.

Sebanyak 68 ribu paket bansos telur dan daging ayam akan disalurkan bagi keluarga rawan stunting di Kabupaten Kebumen, Banjarnegara dan Banyumas.

Baca Juga : 3 Dana Bansos yang akan Cair di Bulan Mei, Ada PKH sampai BPNT

Sedangkan 6 ribu paket bansos akan dibagikan untuk KRS di wilayah Mojokerto, Jawa Timur, dan 2 ribu paket bansos dibagikan untuk wilayah Banten tepatnya di Kota Tanggerang Selatan.

Sisa 2 ribu paket bansos dibagikan untuk wilayah Jawa Barat bagi KRS yang ada di Kota Cirebon, Bekasi, dan Bogor.

Pembagian paket bansos ini direncanakan akan disalurkan kepada 1,4 juta keluarga rawan stunting untuk tiga bulan kedepan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link