Beranda / News

Jadi Inspektur Upacara Harlah Pancasila, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Kesultanan Deli

news.terasjakarta.id - Kamis, 1 Juni 2023 | 09:45 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Presiden Jokowi kenakan pakaian adat Kesultanan Deli saat menjadi inspektur upacara Harlah Pancasila. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi kenakan pakaian adat Kesultanan Deli saat menjadi inspektur upacara Harlah Pancasila. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA. ID - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara peringati Hari Lahir Pancasila atau Harlah Pancasila  yang digelar di Monas pada pagi hari ini.

Dalam kegiatan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat dari Kesultanan Deli berwarna hitam dan juga penutup kepala yang senada.

Baju yang dikenakan Jokowi juga terlihat ukiran motif berwarna emas, terlihat juga sebuah keris yang terselip dibagian pinggang Jokowi.

Tak hanya sendiri, Presiden Jokowi juga ditemani oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan mantan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri.

Baca Juga : Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila di Monas Hari Ini

Beberapa jajaran Menteri Kabinet Maju juga terlihat menghadiri upacara Harlah Pancasil 2023, diantaranya Menkuham Yasonna H Loly, Menlu Retno Marsudi, dan Menparekraf  Sandiaga Uno.

Selain itu turut hadir juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua MPR Banbang Soesatyo.

Presiden Jokowi dalam menjadi inspektur upacara, menyampaikan pesan dalam amanatnya bahwa negara Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan plotik, hingga inflansi terkendali dan investasi tubuh.

Jokowi juga mengatakan bahwa saat ini lapangan kerja yang bertambah berkat persatuan bangsa Indonesia sehingga negara Indonesia dapat dipercaya dunia.

Baca Juga : Aulia Akbar Pembuat Logo IKN Dapat Hadiah Rp185 Juta dari Jokowi

Semua hal tersebut yang disampaikannya berkat adanya pondasi dari ideologi pancasila yang diwariskan oleh presiden pertama Ir Soekarno.

Dengan begitu, Jokowi mengajak seleuruh masyarakat Indonesia berpegang teguh pada Pancasila.

"Ideologi yang harus terus kita pegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa" ucap Jokowi.

Sebelum melaksanakan upacara, telah ada beberapa rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Lahir Pancasila, seperti Kirab Pancasila yang dilakukan pada Minggu, 28 Mei 2023 dia jalur CFD Sudirman-MH Thamrin.

Baca Juga : Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila, Apa Perbedaannya?

Acara tersebut menampilkan berbagai mancam atraksi seperti iring-iringan marchingband, pawai dari tim Paskibraka, hingga parade budaya dengan mengenakan pakaian adat tradisional setiap daerah di Indonesia.

Selain itu, terdapat juga Virtual Pancasila Expo yang diselenggaran BPIP yang juga dilaksanakan pada hari yang sama dengan Kirab Pancasila, lalu akan diselenggarakan hingga 18 Agustus 2023.

Tema Hari Lahir Pancasila 2023

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengusung tema untuk menyambut Hari Lahir Pancasila.

Tema yang diusungkan tersebut sangat menarik, yakni Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Baca Juga : 20 Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023 Terbaru dan Cara Pakainya

Tema tersebut juga diikuti dengan tagline Harlah Pancasila 2023 yaitu Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia.

Hari Lahir Pancasila yang akan diperingati hari ini akan menjadi momentum untuk bergotong royong, membangun peradaban, hingga membantu pertumbuhan global.

Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sejak 1964, tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dengan diadakannya upacara kenegaraan di Istana Merdeka.

Sejak peralihan era Orde Baru, peringatan Hari Lahir Pancasila mulai ditinggalkan dengan digantikan oleh peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober.

Baca Juga : Sejarah Tanggal 1 Juni Ditetapkan Hari Lahir Pancasila

Selanjutnya, pada era kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarno Putri mengusulkan untuk menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

Meski begitu, Hari Lahir Pancasila 1945 secara resmi ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo dan menjadi hari libur nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link