Beranda / News

Tarif Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta Diusulkan Rp5 Ribu, Dishub DKI Ubah Jam Operasional

news.terasjakarta.id - Rabu, 2 Agustus 2023 | 08:46 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Tarif rute Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta diusulkan Rp5 Ribu dan Dishub DKI lakukan penyesuaian jam operasional layanan. (Foto: Instagram @pt_transjakarta)

Tarif rute Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta diusulkan Rp5 Ribu dan Dishub DKI lakukan penyesuaian jam operasional layanan. (Foto: Instagram @pt_transjakarta)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Tarif Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta direkomendasikan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) sebesar Rp5.000.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo yang menyatakan bahwa rekomendasi tarif rute Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta Rp5.000 pada Selasa, 2 Agustus 2023.

Syafrin menyebut bahwa rekomendasi mengenai tarif Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sebesar Rp5.000 yang direkomendasikan oleh DTKJ membuat pihaknya akan membahas hal tersebut.

Baca Juga : Tarif TransJakarta ke Bandara Soetta Diusulkan Rp5 Ribu, Disubsidi Pemprov DKI

Syafirn mengatakan saat ini Dishub DKI masih akan membahas usulan tarif Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta ke tingkat provinsi.

"Hari ini sudah terbit rekomendasi DKTJ, yang diusulkan untuk tarif itu (Transjakarta Bandara Soetta) Rp5000," kata Syafrin di Hotel Fairmont pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Pemprov DKI Jakarta Bakal Beri Subsidi

Lebih lanjut, Syafrin mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dipastikan bakal memberikan subsidi atas tarif tersebut.

Baca Juga : Uji Coba Transjakarta ke Bandara Soetta Tembus 14 Ribu Penumpang, Jam Operasional Ditambah

Dijelaskan bahwa tarif sebesar Rp5.000 itu adalah tarif usai dikenakannya subsidi yang semula Rp12.000.

"Tentu ada subsidi (tarif Transjakarta) dengan besaran Rp5.000 akan ada subsidi karena tarif keekonomiannya sekitar per Rp12.000," tutur Syafrin.

Syafrin juga mengklaim bahwa layanan Transjakarta rute Bandara Soetta berjalan dengan baik.

Baca Juga : Heru Budi Ungkap Alasan Rute Transjakarta ke Bandara Soetta Masih Tahap Uji Coba

Dishub DKI Jakarta melalui hasil evaluasi yang dilakukan, menyebut bahwa sudah melakukan sejumlah penyesuaian, salah satunya penambahan jam operasional layanan.

Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta itu mengungkapkan bahwa penyesuaian jam operasionalnya yakni yang semula pukul 06.00-09.00 WIB menjadi 05.30-09.05 WIB dan 18.00-21.00 WIB menjadi 16.30-21.05 WIB.

Penyesuaian tersebut diakukan setelah Dishub DKI Jakarta menerima masukan dari para penumpang.

Sebab, pihaknya ingin layanan Transjakarta rute Bandara Soetta mengakomodir kebutuhannya dalam bekerja.

Baca Juga : Cara ke Hoyo Fest 2023 Jakarta Naik Transjakarta, Simak Panduan Lengkapnya!

Menurutnya, jumlah penumpang yang menggunakan layanan Transjakarta rute Bandara Soetta mengalami peningkatan yang signifikan.

Uji Coba Transjakarta ke Bandara Soetta Tembus 14 Ribu Penumpang

Sebelumnya, uji coba Transjakarta ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta) tembus 14 ribu penumpang.

Baca Juga : Hore! Uji Coba Transjakarta ke Bandara Soetta Diperpanjang Sepekan, Catat Jam Operasionalnya

Selama 3 pekan pengoperasian uji coba layanan bus Transjakarta ke Bandara Soetta sejak 5 Juli 2023 hingga 29 Juli 2023, tercatat sebanyak 14 ribu lebih penumpang menggunakan layanan tersebut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menambah masa uji coba layanan hingga 26 Juli 2023 lalu yang seharusnya hanya berlaku selama dua pekan, namun di tambah sepekan.

Dengan antusias masyarakat, jam operasional layanan Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta juga akan ditambah.

Dud Joseph selaku Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta, mengatakan bawa jam operasional yang sebelumnya beroperasi di pukul 06.00–09.00 WIB dan pukul 16.00–21.00 WIB kini di tambah menjadi pukul 05.30–09.00 dan pukul 16.30 – 22.00 WIB.

Baca Juga : Buruan PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta Buka Lowongan Kerja Pramudi Bus, Gajinya Nggak Kaleng-kaleng!

Hal tersebut dikatakan dalam keterangan resminya. ia mengatakan layanan tersebut bisa dimanfaatkan mayarakat untu beraktivitas.

Selain itu ia juga mengatakan akan terus melakukan evaluasi pelayanan agar dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

"Kita akan terus melakukan evaluasi untuk pelayanan yang lebih baik lagi," sambungnya.

Baca Juga : Segini Kisaran Tarif Transjakarta ke Bandara Soetta, Heru Budi Kasih Bocoran

Di lain sisi, jumlah penumpang pengguna layanan uji coba Transjakarta ke Bandara Soetta mengalami kenaikan setiap harinya.

Tercatat dalam data harian tertingga ada sekitar 733 penumpang yang dilayani oleh Transjakarta berkode SH1.

Dengan begitu, Joseph berharap bus Transjakarta ke Bandara Soetta dapat diakui penumpang yang merasa sangat terbantu mobilitasnya dengan layanan tersebut.

Sementara itu, bus Transjakarta disediakan sebanyak 5 unti tipe low entry yang ramah disabilitas ataupun penumpang yang membawa barang banyak.

Baca Juga : Transjakarta Rute Kalideres-Soetta Angkut 10 Ribu Penumpang Selama Uji Coba

Selama uji coba Transjakarta ke Bandara Soetta, penumpang tidak dikenakan tarif alis gratis, namun tetap diharuskan melakukan tap in dan tap out menggunakan kartu khusus bus Transjakarta.

Kartu tersebut dapat berupa JakLingko, Tap Cash, E-Money, Flash, dan DKI, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link