Beranda / News

Mahfud MD Serahkan Surat Pengunduran Diri ke Jokowi di Istana Bogor Sore ini

news.terasjakarta.id - Kamis, 1 Februari 2024 | 09:45 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Mahfud MD bakal cawapres yang bakal dampingi Ganjar Pranowo

Mahfud MD serahkan surat pengunduran ke Jokowi di Istana Bogor sore hari ini Kamis, 1 Februari 2024 (Instagram_mohmahfudmd)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor 3, yakni Mahfud MD dikabarkan akan menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) secara langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pertemuan Mahfud MD dan Jokowi diketahui akan berlangsung pada hari ini Kamis, 1 Februari 2024 di Istana Bogor.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mahfud MD dalam acara Tabrak Prof di Banda Aceh pada Rabu, 31 Januari 2024 malam.

Baca Juga : Mahfud MD Mantap Mundur dari Menko Polhukam, Bakal Pamit Langsung ke Jokowi

"Setelah pulang dari Aceh pada hari Kamis petang akan bertemu langsung dengan Presiden untuk menyerahkan surat pengundran diri sebagai Menkopolhukam." ujar Mahfud MD.

Ia juga mengatakan bahwa penyerahan langsung surat oengunduran diri itu menjadi bentu penghormatan dirinya dan rasa terima kasih kepada Jokowi.

Menurutnya, Jokowi telah memberikan banyak amanat dan penuh kepercayaan sebagai Menkopolhukam di Kabinet Indonesia Maju.

"Karena saya dulu diangkat dengan penuh penghormatan. Presiden (Jokowi) memanggil saya mempercayai saya sebagai Menko Polhukam, makanya saat berhenti juga akan berjumpa langsung dengan beliau,” terang Mahfud MD.

Baca Juga : Jokowi Tanggapi Pengunduran Diri Mahfud MD dari Menko Polhukam: Saya Belum Dapat Laporan

Mahfud MD juga menegaskan bahwa dirinya telah berpamitan secara baik-baik dari Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan Wakilnya Ma'ruf Amin.

Selain itu, cawapres yang dipasangkan oleh Ganjar Pranowo ini mengatakan ia meletakan jabatannya sebagai menteri lantaran sadar tengah terlibat konstestasi politik.

Mahfud MT tidak ini kegiatannya selama ini berkampanye menganggu tanggung jawabnya sebagai pejabat negara atau menteri.

Oleh karena itu, dirinya merasa harus mengambil kebijakan untuk mengundurkan diri sebagai Menkopolhukam dan fokus dalam konstestasi politik di Pemilu 2024 sebagai cawapres.

Sebelumnya, kabar pengunduran diri Mahfud MD sebagai Menkopolhukam disampaikan langsung olehnya saat melakukan kampanye di Lampung.

Menurutnya, ia harus memiliki posisi yang jelas dalam hal politik dan ketatanegaraan ini.

"Saya sudah jadi cawapres, jadi harus jelas. Secara ketatanegaraan, jabatan menteri itu hak prerogatif presiden. Jadi saya harus datang penuh penghormatan," kata Mahfud. 

Seperti yang diketahui, Mahfud MD mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pemilu 2024.

Dalam hal ini, ia berpasangan dengan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link