Beranda / News

Aksi Bela Palestina di Kedubes AS, KAI Ubah Pola Operasi dari Stasiun Gambir

news.terasjakarta.id - Sabtu, 9 Maret 2024 | 10:44 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Kereta Mudik Lebaran

KAI ubah pola operasi KAAJ dari Stasiun Gambir imbas aksi bela Palestina di Kedubes AS. (foto: PT KAI)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Aksi Bela Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) menyebabkan PT KAI mengubah pengaturan pola operasi di Stasiun Jatinegara.

PT KAI lakukan pengaturan pola operasi pada beberapa Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) keberangkatan dari Stasiun Gambir.

Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan kereta api yang  berangkat dari Stasiun Gambir akan berhenti di Stasiun Jatinegara.

Hal ini dilakukan guna menghindari keterlambatan calon penumpang karena adanya kemacetan arus lalu lintas di sekitar jalan menuju Stasiun Gambir pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Baca Juga : Rekayasa Lalu Lintas imbas Demo di Depan DPR/MPR Hari ini, Hindari Jalan Berikut!

"Pada saat normal kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus Hari Sabtu keberangkatan KA antara pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang," kata Ixfan kepada wartawan.

Ixfan pun memastikan waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir tidak mengalami perubahan.

Selain itu, pengaturan pola operasi ini diharapkan pengguna kereta api dapat terhindar dari risiko kemacetan.

Sebagai informasi, Aksi Bela Palestina yang diinisiasi oleh Majelis Ormas Islam (MOI) digelar di depan Kedubes AS, Jakarta Pusat hari ini sabtu, 9 Maret 2024.

Baca Juga : Rekayasa Lalu Lintas di Tol Trans Jawa pada Mudik Lebaran 2024, Polisi Berlakukan One Way dan Contraflow

Digelarnya Aksi Bela Palestina di Kedubes AS juga membuat pihak kepolisian mengerakan ribuan personel gabungan untuk mengamankan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyampaikan sebanyak 1.467 personel gabungan dikerahkan.

"Intinya jajaran Polres Metro Jakarta Pusat bersama Polda Metro Jaya siap melaksanakan pengamanan, mengawal dan melayani kegiatan Aksi Bela Palestina hari ini," ujar Susatyo.

"Pengamanan melibatkan pasukan gabungan sebanyak 1.467 personel gabungan Polda, Polres, TNI dan instansi terkait," sambungnya.

sementara itu, pengalihan arus lalu lintas atau penutupan jalan dilakukan oleh pihaknya.

"Arus lalu lintas dari Tugu Tani yang akan menuju ke arah Kedubes AS Jl. Merdeka Selatan kita tutup, kendaraan kita arahkan lurus ke arah Stasiun Gambir Jl. Merdeka Timur," tuturnya.

"Begitu juga dengan arus lalu lintas dari arah Patung Kuda yang akan menuju Jl. Merdeka Selatan juga akan kita alihkan," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link