Beranda / News

2 Lokasi Demo saat Sidang Sengketa Pilpres 2024, Polisi Siap Siaga

news.terasjakarta.id - Selasa, 26 Maret 2024 | 16:53 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Dua lokasi demo saat sidang sengketa Pilpres 2024 disiapkan polisi. (ist)

Dua lokasi demo saat sidang sengketa Pilpres 2024 disiapkan polisi. (ist)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Polisi menyiapkan dua lokasi demo saat sidang sengketa Pilpres 2024.

Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan menggelar sidang perdana sengketa/perselisihan hasil pemilu (PHPU) Pilpres 2024 pada Rabu 27 Maret 2024.

Hal itu termuat dalam Peraturan MK Nomor 1 Tahun 2024 tentang Tahapan, Kegiatan, dan Jadwal PHPU 2024.

Baca Juga : Antisipasi Demo Hasil Pemilu, Sekolah di Jakarta Pusat Terapkan Kelas Online Hari ini

Sebelumnya, dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendaftarkan gugatan sengketa Pilpres ke MK melalui tim hukum masing-masing.

Keduanya sama-sama meminta agar pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming didiskualifikasi karena persoalan syarat administratif terkait pencalonan Gibran yang diwarnai pelanggaran etika berat hakim MK yang juga ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anwar Usman serta pelanggaran etika para komisioner KPU RI.

Guna mengantisipasi ada massa yang melakukan aksi unjuk rasa, pihak kepolisian pun menyiapkan dua lokasi demo saat sidang sengketa Pilpres 2024.

Baca Juga : Demo di KPU dan DPR Hari Ini, 3.055 Personel Gabungan Dikerahkan Kawal Aksi

Dua lokasi disiapkan bagi massa yang hendak menggelar demonstrasi saat berlangsungnya sidang sengketa tersebut.

Adapun dua lokasi demo saat sidang sengketa Pilpres 2024, yakni Monas dan Patung Kuda.

"Kami juga sudah menyiapkan tempatnya, di Monas Barat Daya, di Patung Kuda, sehingga semua bisa kami akomodir, baik itu aspirasi masyarakat dan persidangan yang khidmat itu," kata Kapolres Jakarta Pusar Kombes Susatyo Purnomo di gedung MK pada Selasa, 26 Maret 2024.

Selain lokasi bagi massa yang hendak melakukan demonstrasi, Susatyo menyebut pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas jika demo terjadi.

Rekayasa lalu lintas bersifat situasional. Artinya, melihat perkembangan kepadatan di lapangan.

"Kalau memang ada aksi unjuk rasa di Patung Kuda, tentunya di ruas jalan di Merdeka Selatan ini akan kami lakukan pengalihan arus lalu lintas, termasuk dari arah Harmoni menuju ke Patung Kuda," ujarnya.

"Termasuk apabila memang sisi di Abdul Muis, yang di belakang. Kalau memang diperlukan, itu juga akan kami lakukan rekayasa lalu lintas. Namun demikian, sifatnya sangat situasional," lanjutnya.

Lebih lanjut, dua lokasi demo saat sidang sengketa Pilpres 2024 yang telah disiapkan membuat Susatyo mengimbau agar masyarakat tidak melakukan demonstrasi tepat di depan gedung MK.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau agar masyarakat menjaga sidang sengketa di MK bisa berjalan dengan khidmat.

"Sehingga apabila ada masyarakat yang karena menyampaikan aspirasinya terkait proses persidangan, tentunya kami berharap bisa bekerjasama, tidak melakukannya di depan MK," ucapnya," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link