Beranda / News

Pelindo Siagakan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024, Antisipasi Lonjakan Penumpang

news.terasjakarta.id - Kamis, 4 April 2024 | 10:15 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pelindo Siagakan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024

Pelindo siagakan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024di erbagai Terminal Penumpang untuk mengantiispasi lonjakan penumpang. (Foto: Ist)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - PT Pelindo (Persero) bakal menyiagakan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 yang akan dilayani di pelabuhannya.

Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 disiagakan Pelindo menyusul perkiraan jumlah pemudik yang akan dilayani di pelabuhannya mencapai 2 juta orang.

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang logistik, terutama pengelolaan dan pengembangan pelabuhan.

Baca Juga : Jadwal Operasional Tol Cimanggis-Cibitung pada Mudik Lebaran 2024, Dibuka Fungsional Satu Arah

Hingga H-9 Lebaran 2024, Pelindo telah mencatat penumpang yang menggunakan layanan Terminal Penumpang Pelindo mencapai 348.837.

Untuk arus kendaraan, Pelindo mencatat sebanyak 33.832 unit kendaraan.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan dengan Lebaran 2023.

Baca Juga : Catat! Titik Kumpul Keberangkatan Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta di Monas 4 April 2024

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menyampaikan posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 disiagakan di berbagai Terminal Penumpang yang dioperasikan oleh Pelindo.

Penyiagaan tersebut bertujuan guna mengantisipasi lonjakan pemudik.

Selain itu, Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 ini juga merupakan bentuk komitmen manajemen untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi kelancaran, keselamatan, dan keamanan kepada pemudik jelang puncak arus mudik Lebaran 2024.

"Perkiraan jumlah pemudik tahun ini mencapai 2 juta orang sehingga sangat penting bagi Pelindo untuk meningkatkan koordinasi dengan seluruh stakeholder pelabuhan dalam pelayanan Angkutan Laut Lebaran di seluruh Terminal Penumpang milik Pelindo," kata Ardhy dalam keterangannya dikutip Kamis, 4 April 2024.

Nantinya, Pelindo menyiagakan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 dibuka hingga 26 April 2024.

Ardy menjelaskan bahwa posko ini memiliki fungsi untuk memantau serta mengawasi aktivitas pelabuhan, dan memastikan kelancaran arus mudik-arus balik Lebaran.

Tak hanya itu, memberikan informasi seputar Angkutan Lebaran yang dibutuhkan oleh pemudik dan siap menangani situasi darurat.

Ardy pun berharap dengan kehadiran Posko Terpadu ini dapat memudahkan untuk berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder dan bermanfaat bagi pemudik yang membutuhkan bantuan.

Sementara itu, General Manager Pelindo Regional 2 Banten Yohanes W Situmeang mengatakan beberapa langkah telah disiapkan untuk mengantisipasi puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada Sabtu, 6 April 2024.

Salah satu langkah yang disiapkan adalah dengan menyiapkan Pelabuhan Ciwandan.

Pelabuhan Ciwandan disiapkan Pelindo untuk mengurai kepadatan serta memperlancar arus kendaraan di Pelabuhan merak dan Bakauheni.

Pihaknya pun juga menyediakan fasilitas dermaga 05A, dermaga 03, dan dermaga 07.

Kemudian, menyiapkan area lapangan parkir (buffer area) dan back up area untuk motor dengan kapasitas 2.000 unit serta area lapangan (buffer area) truk berkapasitas 200 unit.

Yohanes juga mengatakan pihaknya menyiapkan petugas pelayanan keamanan dengan pola 24/7, petugas pandu 2 orang, 2 unit kapal tunda, toilet umum, mushola, ruang P3K, Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024, dan tenda UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link