Beranda / News

Siap-Siap Bansos PKH Tahap 1 2023 Segera Cair, Bagaimana Tahapan Pencairannya?

news.terasjakarta.id - Senin, 27 Februari 2023 | 18:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Bansos PKH Tahap 1 2023 bakal segera cair. (Unsplash/PiggyBank)

Bansos PKH Tahap 1 2023 bakal segera cair. (Unsplash/PiggyBank)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID – Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 1 dikabarkan akan segera disalurkan pada Triwulan 1 2023 atau berada di antara bulan Januari hingga Maret 2023.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan suatu program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin yang ditetapkan sebagai penerima manfaat PKH.

Melansir dari laman Kementerian Sosial, PKH ini juga dibuat sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, di mana sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan program tersebut.

Baca Juga : Siap-siap Bansos BPNT Sebesar Rp 3 Juta Segera Cair, Begini Cara Dapatinnya

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin, terutama khusus untuk ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan serta fasilitas pendidikan yang tersedia.

PKH juga memiliki manfaat untuk mendorong yang mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengen mempertahnkan taraf kesejahteraan sosial dengan amanat konsititusi dan Nawacita Presiden RI.

Dengan adanya PKH ini, KM didorong untuk memiliki akses memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan.

Penyaluran Bansos PKH tahap 1 2023 ini dapat diakes melalui aplikasi SIKS-NG yang ada di Dinas Sosial Kabupaten.

Baca Juga : Bansos PKH 2023 Cair Dalam Waktu Dekat, Cek Persyaratan dan Cara Pendaftarannya

Kementerian Sosial telah menyiapkan anggaran untuk penyakuran Bansos PKH tapah 1 periode Januari hingga Maret 2023. Saat ini, para KPM tinggal menunggu penyaluran bantuan program tersebut.

Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial menyampaikan bahwa penyaluran PKH akan melalui Pos Indonesia atau Kantor Pos untuk daerah yang tidak terjangkau ATM.

Tri Rismaharini mengungkapkan jika Kementerian Sosial tidak memiliki anggaran jika penyaluran sepenuhnya melalui PT Pos Indonesia.

Sehingga, di luar daerah yang tidak terjangkau, maka penyaluran akan dilakukan melalui Bank Himbara.

Baca Juga : Cara Cek Penerima Bansos Secara Online

Untuk itu, KPM diminta untuk menunggu surat resmi dari Kementerian Sosial mengenai penyaluran PKH tahap 1 periode Januari hingga Maret 2023.

Keterangan pada aplikasi SIKS-NG belum menjadi keputusan akhir yang membuat para KPM diharapkan agar menunggu surat resmi dari Kemensos.

PKH akan kembali diberikan kepada KPM yang terdaftar dalam DTKS Kementerian Sosial. Adapun nominal bantuan yang diterima masing-masing, sebagai berikut.

- Ibu hamil Rp3 juta per tahun

- alita Rp3 juta per tahun

- Bantuan Pendidikan SD Rp900 ribu per tahun

- Bantuan Pendidikan SMP Rp1,5 juta per tahun

- Bantuan Pendidikan SMA Rp2 juta per tahun

- Disabilitas berat Rp2,4 juta per tahun

- Lansia Rp2,4 juta per tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link