Beranda / News

Viral Alphard Masuk Apron Bandara, Ternyata Mobil Sri Mulyani

news.terasjakarta.id - Senin, 27 Maret 2023 | 13:20 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Viral di media sosial tentang adanya mobil Alphard masuk apron bandara yang diketahui adalah area terbatas. (ist.)

Viral di media sosial tentang adanya mobil Alphard masuk apron bandara yang diketahui adalah area terbatas. (ist.)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Viral di media sosial nampak mobil Alphard masuk ke apron bandara, yang sebenarnya adalah wilayah terbatas untuk umum dan langsung menurunkan bagasi langsung ke pesawat.

Mobil Alphard tersebut diketahui berwarna hitam dan diikuti oleh sebuah Van berwarna silver bertuliskan Bea Cukai.

Banyak yang bertanya-tanya di media sosial, khususnya karena nama Bea Cukai masih hangat di tengah masyarakat akibat ulah beberapa oknum yang diduga melakukan praktek korupsi.

Baca Juga : Viral! Seorang Perwira TNI Diisukan Selingkuh dengan Lima Wanita

Setelah di konfirmasi ke pihak Angkasa Pura II, rombongan mobil Bea Cukai dan Alpard masuk apron tersebut adalah rombongan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang baru saja dinas dari Papua dengan pesawat Batik Air.

Pihak Angkasa Pura II menyampaikan bahwa selama ini mereka telah menjalankan secara kegiatan di fasilitas milik perusahaannya dengan SOP yang berlaku.

M Holik Muwardi, SM of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta pada hari Minggu (26/3) mengatakan bahwa terdapat kegiatan keprotokolan dalam penanganan tamu VIP yang dijalankan oleh instansi-instansi terkait di bandara yang dikelola perseroan.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan keprotokolan yang dijalankan dipastikan sesuai SOP yang berlaku termasuk diantaranya pengaturan personel, perlengkapan serta tanda Platform di kendaraan pada Daerah Keamanan Terbatas dengan tetap mempertimbangkan keamanan dan keselamatan penumpang penerbangan umum.

Baca Juga : Viral! Anak Sofia Coppola Usia 16 Tahun Sewa Helikopter Cuma Buat Dinner Bareng Temannya

Perlu diketahui, kawasan bandara terrbagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah sisi darat atau landslide yang berisi terminal, tempat parkir, dan sebagainya.

Kedua adalah sisi udara atau bisa dikatakan sebagai airside, airside adalah kawasan apron yang dimana pesawat parkir, taxiway, landasan pacu dan sekitarnya.

Airside memiliki peraturan yang ketat, dan hanya orang-orang yang bersitifikat sudah terlatih boleh masuk ke wilayah airside.

Baca Juga : Video Viral Super Air Jet Gangguan Tekanan Udara, Penumpang Banjir Keringat

Selain personel terlatih, wilayah airside juga bisa dimasuki oleh tamu-tamu khusus yang tentu didampingi oleh petugas keamanan bandara atau Avsec)

Hal ini menjadikan wilayah airside tidak bisa dimasuki sembarang orang.

Di area Airside, kendaraan bermotor juga dibatasi aksesnya dalam beroperasi, dan hanya kendaraan bermotor yang telah terdaftar dan memiliki nomor registrasi untuk beroperasi di airside.

Pembatasan jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi di wilayah Airside dimaksudkan agar area tersebut tidak overcrowded.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link