Beranda / News

Tidak Ikut Pendaftaran SNBP 2023? Cek 5 Jalur Seleksi Perguruan Tinggi Lainnya

news.terasjakarta.id - Rabu, 29 Maret 2023 | 17:10 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Lima seleksi pendaftaran PTN yang masih buka untuk siswa yang belum mendapatkan kesempatan di seleksi SNBP. (Unsplash/@Caiaimage/Chris Ryan)

Lima seleksi pendaftaran PTN yang masih buka untuk siswa yang belum mendapatkan kesempatan di seleksi SNBP. (Unsplash/@Caiaimage/Chris Ryan)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Bagi siswa yang tidak lulus atau tidak lakukan pendaftaran SNBP 2023, tidak perlu khawatir, sebab masih dapat mencobanya dari berbagai jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Selain pendaftaran SNBP 2023, siswa dapat mendaftarkan diri ke beberapa seleksi, seperti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau SNBT, jalur mandiri, sekolah dinas, hingga seleksi masuk kampus agama.

Dengan demikian, untuk siswa yang sudah dinyatakan lolos pendaftaran SNBP tidak diperbolehkan untuk mengikuti UTBK SNBT.

Namun, bila tetap ingin mendaftar di jalur seleksi lain, otomatis nama siswa tersebut akan diblokir di SNBP.

Mengutip dari laman web seleksi masing-masing, ada beberapa jalur seleksi yang masih bisa dicoba untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Baca Juga : Pengumuman SNBP 2023, Ini Jalur Alternatif Bagi yang Belum Lolos

Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

ada lima jalur seleksi yang masih dapat dimaksimalkan oleh siswa untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, antara lain:

1. UM-PTKIN 2023

Seleksi pertama yang dapat diikuti oleh siswa yang gagal mendaftar SNBP, yaitu UM-PTKIN 2023.

Seleksi UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri akan buka pendaftaran mulai tanggal 10 April 2023.

UM-PTKIN ini adalah seleksi ujian untuk calon mahasiswa baru yang ingin masuk kampus islam negeri di Indonesia, maupun perguruan tinggi non-PTKIN yang masuh tergabung di dalam jalur seleksi ini.

Baca Juga : 143.805 Siswa Lolos SNBP 2023, Simak Daftar 39 Link Pengumuman Disini

Sama seperti UTBK SNBT, pada seleksi UM-PTKIN peserta yang dapat mendaftar dari lulusan tahun 2023,2022, dan 2021.

Namun, ada yang berbeda, kini siswa dapat memilih 3 prodi untuk 59 pilihan kampus. Dan, ujian akan dilaksanakan di salah satu kampus yang sudah para siswa pilih dari 3 prodi tersebut.

2. UTBK SNBT 2023

Bagi siswa yang tidak mendaftar ataupun tidak lolos di jalur SNBP 2023, diperkenankan untuk mengikuti seleksi ujian ini.

Untuk pendaftaran baru akan dibuka pada tanggal 14 April 2023.

Akan tetapi, pada seleksi UTBK SNBT 2023, peserta yang mengikuti seleksi jalur ini hanya dapat memilih maksimal 2 prodi dari 2 PTN yang berbeda.

Baca Juga : Tips Lulus SNBP 2023, Dijamin Calon Maba Bisa Bahagia

Tahun ini tidak ada batasan kesamaan untuk pemilihan domisili kampus dengan sekolah.

3. Sekolah Kedinasan

Untuk pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 akan dibuka pada tanggal 1 sampai 30 April 2023 untuk 29 perguruan tinggi kedinasan yang di bawah naungan Kementerian dan lembaga pemerintah.

Nantinya, mahasiswa yang lolos dan diterima masuk sekolah kedinasan dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk beberapa kementerian atau lembaga terkait serta lintas institusi pemerintah.

Baca Juga : THR dan Gaji Ke-13 ASN dan Pensiunan Cair Tanggal 4 April, Simak Besarannya

4. Seleksi Mandiri PTN dan PTS 2023

Seleksi jalur mandiri diadakan dari masing-masing perguruan tinggi.

Sejumlah perguruan tinggi memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru di awal perkuliahan, ditambah dengan uang pangkal, iuran pengembangan institusi (IPI) atau sumbangan pengembangan institusi (SPI).

Namun, ada berbagai macam peluang bantuan pendidikan, dan keringanan biaya kuliah yang dibuka setiap kampus menyelenggarakan seleksi mandiri.

Untuk mengetahui pendaftaran jenis jalur mandiri serta peluang bantuan pendidikan dan beasiswa, bisa ikuti terus media sosial dan situs resmi kampus-kampus yang akan dipilih untuk mendaftar.

Baca Juga : Pemerintah Buka Pendaftaran Sekolah Kedinasan Mulai 1 April 2023, Simak Cara Daftarnya

5. Selnas PMB PTKKN 2023

Selnas atau Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri akan dibuka untuk 7 perguruan tinggi Kristen negeri.

Bagi siswa yang ingin mendaftar melalui jalur minat bakat, pendaftaran seleksi akan dimulai pada tanggal 2 sampai 23 April 2023.

Lalu, untuk seleksi lewat jalur tulis pendaftaran akan dibuka mulai 14 sampai 23 Mei 2023.

Sedangkan, jalur afirmasi OAP sudah berlangsung dan ditutup pada tanggal 29 April 2023.

Itu dia beberapa jalur pendaftaran yang masih dibuka bagi siswa yang belum mendapatkan kesempatan di seleksi SNBP. Semoga beruntung!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link