Beranda / News

Pertamina Berangkatkan 64 Unit Bus untuk Program Mudik Gratis

news.terasjakarta.id - Rabu, 19 April 2023 | 12:37 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pertamina lepas peserta program mudik gratis 2023 yang bertajuk 'Mudik Dinanti Mudik di Hati Bersama BUMN 2023'. (Pertamina.com)

Pertamina lepas peserta program mudik gratis 2023 yang bertajuk 'Mudik Dinanti Mudik di Hati Bersama BUMN 2023'. (Pertamina.com)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Tahun ini, Pertamina kembali membuka program mudik gratis ke-16 kalinya walau sempat absen karena terhalang masa pandemi COVID-19.

Melansir dari laman web resmi Pertamina, di mudik lebaran 2023 ini, terlah tercatat bahwa ada sekitar 3.000 pemudik yang ikut serta untuk berpartisipasi dalam program mudik ini.

Pemudik yang turut serta program ini berasal dari kalangan komunitas pekerja informal seperti pemulung, marbot, petugas kebershian, dan juga pedagang kaki lima.

Program mudik Pertamina tahun ini bertajuk 'Mudik Dinanti Mudik di Hati Bersama BUMN 2023' yang bekerja sama dengan Kementerian BUMN.

Baca Juga : Polisi Hentikan Kasus TikToker Bima Kritik Lampung, Sebut Tak Ada Unsur Tindak Pidana

Selain itu, juga telah terdapat 82 perusahaan dari BUMN yang ikut terlibat untuk pilihan moda transportasi dari kereta Api, Bus, Kapal Laut, dan Pesawat.

Bahkan, mudik tahun ini Pertamina berangkatkan 64 unit bus dengan total pemudik hampir 3.000 orang. Bus ini akan melayani ke 17 titik yang meliputi Garut, Cirebon, Tasikmalaya, Pemalang, Yogyakarta, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Purwokerto, Tegal, Surakarta, Semarang, Ngawi, banyuwangi, Malang, Madiun Surabaya.

Pada hari Rabu, 19 April 2023, Direktur Logistik & Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Erry Widiastono telah menggelar pelepasan peserta Mudik Dinanti Mudik di Hati Bersama BUMN, Pertamina 2023 di Plaza Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca Juga : Keren! Satu Angkatan Siswa SMA Pondok Pesantren Darul Arqam Garut Study Tour ke Mekkah

Di acara pelepasan tersebut, Erry mengungkapkan bahwa di tahun ini cakupan untuk mudik ditetapkan lewat jalur darat, dengan titik pemberangkatan bus berada di Gelora Bung Karno Jakarta menuju 17 titik.

Pemberangkatan mudik gratis ini telah diperhitungkan sebagai tujuan padat pemudik yang membuat program ini akhirnya dimanfaatkan secara optimal untuk masyarakat.

Selain itu, Erry juga mengatakan bila program mudik gratis ini menjadi langkah yangnyata dan baru dari Pertamina untuk mendukung program dari Kementerian BUMN .

Baca Juga : H-4 Lebaran, 21.458 Kendaraan Tinggalkan Jakarta via Tol Cikampek

Sementara itu, tak hanya mendapatkan tiket mudik gratis, pemudik bahkan juga disediakan beragam fasilitas dan aktivitas selama menunggu jadwal keberangkatan bus.

Fasilitas yang disediakan Pertamina antara lain, pijat gratis, pangkas rambut gratis, fasilitas untuk aktivitas anak-anak dan photo box.

Fasilitas di atas memang sengaja dipersiapkan Pertamina untuk mendukung kenyamanan dan menunjang kebutuhan dari pemudik.

Baca Juga : Setelah 35 Tahun, Peserta Mudik Bersama PLN 2023 Terharu Bisa Naik Kereta Lagi

Tak hanya pemberian fasilitas, pemudik juga akan memperoleh beragam macam benefit yang ditawarkan oleh Pertamina Group meliputi perlindungan asuransi pemudik selama perjalanan, merchandise, e-voucher senilai Rp25 ribu untuk pemudik yang mempunyai aplikasi Mypertamina.

Pertamina juga telah memastikan seluruh aspek dari program ini mulia dari aspek Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan pemudik.

Masing-masing bus yang nantinya akan dipakai oleh pemudik juga telah memiliki koordinator yang akan selalu bertugas dalam memantau kebutuhan dan keselamatan pemudik di perjalanan.

Baca Juga : Sistem One Way Mudik Lebaran Sudah Diterapkan di Tol Cipali, Kendaraan Menuju Jakarta Disterilkan

Dari program ini, Pertamina berharap jika mudik gratis ini tak hanya menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk bisa berkumpul dengan keluarga, namun juga bisa memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan dalam perjalanan mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link