Beranda / News

Mark Zuckerberg PHK 10.000 Karyawan Meta di Bulan April

news.terasjakarta.id - Senin, 24 April 2023 | 12:40 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
CEO Meta Mark Zuckerberg. (Pinterest)

CEO Meta Mark Zuckerberg. (Pinterest)

Penulis : Esil Yulinar
Editor : Esil Yulinar

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Kali ini Meta Platforms Inc kembali melakukan PHK terhadap tim teknologi.

Hal ini diketahui juru bicara Meta Nkechi Nneji yang mengatakan bahwa CEO Mark Zuckerberg telah menyetujui rencana Meta Company untuk memangkas 10.000 karyawan dalam beberapa bulan mendatang.
Dan pemberitahuan Zuckerberg tersebut menyebut restrukturisasi dan PHK di grup teknologi Meta akan berlangsung pada bulan April 2023.

Meta Platforms tersebut berencana melakukan PHK terhadap 10.000 karyawannya di seluruh divisi perusahaan, baik Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Baca Juga : Diskon 20 Persen Tol Semarang-Jakarta Mulai Berlaku Hari Ini Hingga 29 April 2023

Referensi Zuckerberg dari tahun lalu meminta karyawan untuk bekerja "keras" untuk memenuhi tantangan bisnis perusahaan induk Facebook dan Instagram.

Dan sebelumnya juga pada bulan November lalu putaran pertama Meta telah melakukan PHK dengan sejumlah 11.000 karyawan, atau 13 persen dari tenaga kerjanya , dan mengungguli perusahaan teknologi besar lainnya yang memberhentikan ribuan orang setelah pandemi melanda iklan digital dan komputasi awan.

Namun kali ini pengurangan 10.000 karyawan Meta ini menandakan adanya putaran kedua PHK yang disignifikan di Meta.

Keputusan itu diambil saat CEO Mark Zuckerberg terus melangkah lebih jauh merampingkan bisnisnya untuk menjadikan 2023 sebagai "Tahun Efisiensi".
Yang mana alasannya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan menyesuaikan bisnis dengan tantangan pasar yang semakin ketat.

Baca Juga : Detik-detik Kapal Tongkang Tabrak 35 Rumah di Kalsel, Kerugian capai Miliaran Rupiah

Bukan hanya itu, Meta juga berencana mengalokasikan sumber daya dan fokus pada produk dan layanan yang dianggap lebih stategis untuk masa depan.

Bahkan Meta juga berencana memfokuskan sumber daya pada pengembangan teknologi baru, seperti mata-mata realitas maya (virtual reality).

Meskipun sudah diperkirakan, keputusan PHK kali ini memicu ekspresi frustasi dari karyawan Meta. PHK sendiri menjadi pertanyaan paling populer yanng diajukan dalam forum internal perusahaa pada Rabu, 19 April 2023 menjelang rapat karyawan mendatang.

Baca Juga : Mulai 26 April 2023 PNS Kerja Selama 5 Hari

Namun dalam keputusan PHK, Meta juga harus mengambil langkah-langkah yang bertanggung jawab untuk membantu karyawan yang terkena PHK dan meminimalkan dampak negatifnya pada masyarakat secara keseluruhan.

Untuk para karyawan sendiri yang terkena PHK akan menerima paket pemutusan hubungan kerja yang adil, termasuk tunjungan keuangan dan bantuan mencari pekerjaan baru.

Oleh karena itu, sehubungan dengan keputusan PHK Meta, penting untuk memberikan pernyataan yang jelas dan tulus kepada karyawan, pengguna, dan publik.

Dan Meta juga harus memastikan bahwa keputusan ini dibuat dengan hati-hati dan memang bertujuan jangka panjang untuk kepentingan perusahaan dan semua stakeholder-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link