Beranda / News

Daftar Pengalihan Rute Bus Transjakarta untuk Hindari Aksi Demo Hari Buruh 2023

news.terasjakarta.id - Senin, 1 Mei 2023 | 11:10 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Sejumlah rute Transjakarta dilakukan pengalihan untuk menghindari aksi demo di beberapa titik lokasi di Jakarta. (ist)

Sejumlah rute Transjakarta dilakukan pengalihan untuk menghindari aksi demo di beberapa titik lokasi di Jakarta. (ist)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Pada peringatan aksi demo Hari Buruh 2023, sejumlah ruas jalan di Jakarta akan dialihkan termasuk rute bus Transjakarta.

Pengalihan rute Transjakarta ini guna menghindari kumpulan masyarakat yang sedang berdemo agar, perjalanan para penumpang bus Transjakarta tidak mengalami hambatan.

Titik lokasi demo ini akan terjadi di beberapa pusat di Kota Jakarta, yakni di kawasan Istana Negara, Gedung Mahkama Konstitusi, Istora Senayan, Gedung MPR/DPR, hingga di Kantor Gubernur DKI Jakarta.

Adapun aksi demo Hari Buruh 2023 tak hanya dilakukan di Jakarta, namun juga dilaksanakan serentak diseluruh Provinsi Indonesia.

Baca Juga : 7 Tuntutan Buruh Hari Ini di Aksi May Day 2023 Depan Istana Negera dan Gedung Mahkama Konstitusi

Di Jakarta sendiri, aksi ini akan diikuti 50.000 buruh yang akan menyampaikan tuntutan di gelaran demo, pada pukul 09.30 WIB hingga 12.30 WIB di Istana Negara dan Gedung Mahakama Konstitusi.

Untuk mengamankan aksi demo ini, Polda Metro Jaya akan menerjunkan 4.200 personel untuk mengamankan jalannya aksi May Day 2023, di Jakarta.

Selain itu, pihak TNI juga menyiagakan 3.500 personel stand by yang siap diterjunkan saat dibutuhkan.

Baca Juga : Amankan Aksi Buruh saat May Day 2023, Polda Metro Terjunkan 4.200 Personel

Jumlah yang tak banyak itu berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas, maka dari itu Transjakarta telah menyiapkan skema rute pengalihan agar tidak mengganggu jalannya aksi demo di sejumlah titik tersebut.

Pengalihan Rute Transjakarta

Berikut daftar pengalihan rute Transjakarata di aksi demo Hari Buruh 2023 pada Senin, 1 Mei 2023 yang disampaikan langsung melalui akun sosial media Transjakarta.

1. Rute 6B, Ragunan - M.H Thamrin via Semanggi mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan - Tosari akbiat penutupan jalan di kawasan Patung Kuda.

2. Koridor 1, Blok M - Kota mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda, sementara tidak melayani Halte Bank Indonesia arah Kota dan Monumen Nasional untuk kedua arah.

3. Rute 1P, Blok M - Senen mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda, sementara arah Senen tidak melewati pemberhentian Kementerian Pariwisata s/d Monas 3.

Baca Juga : Persiapan May Day: 50.000 Buruh Siap Demo Turun ke Jalan, Ini Titik Lokasinya di Jakarta

4. Koridor 2, Pulo Gadung - Monas mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda, sementara arah Pulo Gadung tidak melayani Halte Monas s/d Gambir 2.

5. Rute 2ST, Juanda - Bundaran H.I mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda, sementara arah Juanda tidak melayani Halte Bank Indonesia arah Utara dan Monas.

6. Rute 2A, Pulo Gadung - Rawa Buaya mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda, sementara arah Rawa Buaya tidak melayani Halte Kwitang s/d Monas dan arah Pulo Gadung tidak melayani halte Monas s/d Gambir 2.

Baca Juga : May Day: Hari Buruh Diperingati Setiap 1 Mei, Intip Sejarahnya

7. Koridor 3, Kalideres - Bundaran H.I mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalur di kawasan Patung Kuda, sementara tidak melayani Patung Petejo.

8. Rute 5C, PGC1 - Juanda mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalur di kawasan Patung Kuda, sementara melayani rute PGC - Juanda via Harmoni Temporary tidak melayani Halte Balaikota dan Monas

9. Rute 1A, Pantai Maju - Balai Kota mengalami pengalihan rute menjadi Pantai Maju - Juanda terkait adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda, sementara tidak melayani Halte Monas dan Balai Kota.

Baca Juga : Megawati Klaim Banyak Partai Ingin Ikut Usung Ganjar, tapi Malu-malu Kucing

10. Rute 5M, Kp. Melayu - Tanah Abang mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalan dikawasan Patung Kuda, sementara arah Tanah Abang tidak melewati bus stop Teuku Cik Ditiro s/d Wisma Mandiri.

11. Rute 2Q, Gondangdia - Balai Kota mengalami pengalihan rute dikarenakan adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda, sementara arah Balaikota tidak melewati bus stop Masjid Cut Mutia 1 s/d Dana Reksa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link