Beranda / News

Telepon Cek Status Vaksinasi Viral, Kemenkes Buka Suara

news.terasjakarta.id - Senin, 1 Mei 2023 | 19:40 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Vaksin COVID-19. (Foto: BBC World)

Vaksin COVID-19. (Foto: BBC World)

Penulis : Esil Yulinar
Editor : Esil Yulinar

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Baru-baru ini baru saja beredar kejadian modus penipuan mengatas namakan tentang pandemi COVID-19.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuka suara terkait tentang laporan viral di mana seseorang mengaku menerima telepon dari nomor tak dikenal yang menanyakan status vaksinasi Covid-19.

Juru bicara Kementerian Kesehatan RI, Dr. Mohammad Syahril, menyatakan pihaknya tidak pernah menelepon masyarakat terkait situasi vaksin, sehingga dipastikan bahwa seruan tersebut hoax atau bohong.

Baca Juga : 1,2 Juta Orang di Indonesia Sudah Vaksin Booster Kedua

"Tidak pernah ada telepon dari Kementerian Kesehatan maupun lembaga pemerintah lainnya," kata Syahril tegas dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 30 April 2023.

Syahril melontarkan pernyataan tersebut karena beredar sebuah kebenaran di grup WhatsApp tentang seseorang yang menerima telepon menanyakan apakah dirinya divaksinasi atau tidak, sehingga ia mengira itu adalah telepon dari Departemen Kesehatan atau instansi pemerintah lainnya.

"Isi pesannya itu adalah hoax," tambah Syahril tegas.

Syahril menjelaskan, masyarakat bisa mengecek vaksinasi di platform SatuSehat yang merupakan modifikasi dari PeduliLindungi. Platform mana yang juga merupakan situs resmi vaksinasi COVID-19 pemerintah.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 Booster Kedua Dimulai Hari Ini, Cek Syaratnya Sebelum ke Faskes

“Platform SatuSehat merupakan website resmi pemerintah untuk vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Menurut Syahril, masyarakat dapat langsung menghubungi Kemenkes melalui WhatsApp 0811 1050 0567. Selain itu, dapat menghubungi Kemenkes melalui email di [email protected] atau melalui telepon call center di extension 119. 9.

Cara mudah untuk mengetahui status vaksinasi COVID-19

Pastikan Anda sudah memiliki Satu Sehat Mobile di ponsel Anda dan masuk ke akun Anda. Adapun langkah-langkah yang dapat diikuti untuk lebih mudah mengecek status vaksinasi COVID-19 dengan membuka Satu Sehat mobile di ponsel, sebagai berikut.

Baca Juga : One Way Arus Balik  Tol Arah Jakarta Diperpanjang hingga Senin Malam

  1. Buka aplikasi Satu Sehat Mobile
  2. Dalam fiturnya, pilih Vaksin dan Vaksinasi
  3. Kemudian pilih "Sertifikat Vaksin dan Imunisasi"
  4. Klik nama Anda dan dua vaksinasi akan muncul: COVID-19 dan non-COVID-19. Jika Anda memilih COVID-19, Anda akan melihat tanggal dan berapa kali Anda menerima vaksin COVID, serta jenisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link