Beranda / News

Jadwal Puasa Ramadan 2023, Catat Tanggalnya!

news.terasjakarta.id - Rabu, 22 Maret 2023 | 09:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Penetapan jadwal puasa Ramadan 2023 akan menunggu dari hasil sidang isbat yang sedang dilakukan Kemenag pada Rabu, 22 Maret 2023. (unsplash/@abdu3h)

Penetapan jadwal puasa Ramadan 2023 akan menunggu dari hasil sidang isbat yang sedang dilakukan Kemenag pada Rabu, 22 Maret 2023. (unsplash/@abdu3h)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Puasa Ramadan menjadi puasa yang wajib untuk dilaksanakan oleh umat Islam selama sebulan penuh.

Puasa Ramadan juga merupakan suatu bentuk atau saran dalam meningkatkan takwa kepada Allah SWT.

Mengingat akan tiba waktunya berpuasa, untuk mengetahui jadwal puasa pun juga diperlukan agar dapat menjalankannya dengan lancar.

Namun, pemerintah Indonesia saat ini belum memberikan kapan jadwal resmi puasa Ramadan akan dilaksanakan.

Baca Juga : Pengumuman! Pemerintah Tetapkan Tanggal 23 Maret Cuti Bersama Hari Raya Nyepi

Biasanya pemberitahuan jadwal puasa akan diumumkan dan diputuskan melalui sidang isbat dengan pengamatan hilal yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama atau Kemenag RI.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah dari Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat (penetapan) jadwal awal Ramadan 1444 HIjriyah, yang rencananya akan diselenggarakan pada hari ini, Rabu (22/3/2023).

Adib menuturkan jadwal puasa Ramadan pertama akan diputuskan dalam sidang isbat yang akan dilaksanakan setiap 29 Sya'ban. Dan, tahun ini bertepatan dengan tanggal 22 Maret 2023.

Baca Juga : Jadwal Sidang Isbat Ramadan 2023 dan Live Streaming

Sehingga untuk mengetahui hasil jadwal puasa Ramadan 2023 ini, bisa ikuti terus perkembangan terakhir sidang isbat melalui laman resmi Kemenag.

Sebagai informasi, Sidang isbat yang akan digelar hari ini pada Rabu, 22 Maret 2023 akan diadakan secara luring di Auditorium HM rasjidi, Kantor Kementerian Agama.

Pada Selasa (21/3/2023), Ditjen Bimas Kemenag Kamaruddin Amin menuturkan bahwa untuk penetapan jadwal puasa Ramadan 2023 akan menunggu dari hasil sidang isbat yang sedang dilakukan Kemenag.

Baca Juga : Kemenag Bagikan Jadwal Sidang Isbat Awal Ramadhan 2023, Ini Tahapannya

Jadwal Puasa Ramadan 2023 Muhammadiyah

Sementara itu, untuk Muhammadiyah sendiri telah menetapkan awal puasa Ramadan 1444 H lebih dahulu.

Keputusan jadwal puasa Ramadan Muhammadiyah telah ditetapkan oleh Majelis Tarjih dan tajdid Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah.

Baca Juga : Niat Salat Tarawih di Bulan Ramadan, Simak Panduan Lengkapnya

Dari hasil keputusan tersebut, dijadwalkan Muhammadiyah akan mengawali puasa Ramadan pada Kamis, 23 Maret 2023.

Selain penetapan jadwal puasa, Muhammadiyah juga sekalian menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2023 ini jatuh pada Hari Jumat 24 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link