Beranda / News

Pos Indonesia Siap Salurkan Bansos Pangan dari Pemerintah Guna Tekan Laju Inflasi

news.terasjakarta.id - Sabtu, 25 Maret 2023 | 15:10 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Bansos kembali disalurkan berupa beras dan bantuan pangan nontunai yang akan disalurkan oleh Pos Indonesia. (Freepik/@freepik)

Bansos kembali disalurkan berupa beras dan bantuan pangan nontunai yang akan disalurkan oleh Pos Indonesia. (Freepik/@freepik)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - PT Pos Indonesia (Pesero) siap untuk membantu kelancaran pendistribuan penyaluran bantuan sosial (bansos) pangan yang akan diberikan oleh pemerintah selama tiga bulan ke depan.

bansos kembali disalurkan untuk masyarakat yang kurang mampu dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, bansos juga kembali disalurkan kepada masyarakat untuk menekan lajunya inflasi.

Baca Juga : Bansos PKH Sudah Cair, Begini Cara Ceknya!

Rencananya, pendistribusian bansos akan dimulai pada Maret hingga Mei 2023 mendatang dengan harapan dapat menjaga tingkat inflasi dan daya beli masyarakat.

Tak hanya itu, penyaluran bansos juga diharapkan dapat memperkuat keberlangsungan usaha di sektor pangan nasional.

Nantinya, bansos yang diberikan berupa beras sebanyak 10 kilogram per bulan untuk 21.300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) mengatakan penyaluran bansos tersebut merupakan langkah pemerintah untuk mengendalikan inflasi selama Ramadan serta Idul Fitro 2023.

Baca Juga : Dana Bansos BLT dan PKH Sudah Cair? Begini Cara Tarik Tunai Lewat ATM

Sehingga, pemerintah pun kemudian memutuskan untuk memberikan bantuan beras selama tiga bulan.

Selain beras, masyarakat yang mengikuti Program Keluarga Harapan (PKH) juga akan diberikan bantuan pangan nontunai.

Sementara itu, Febrio Nathan Kacaribu selaku Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan menilai bahwa belanja pemerintah harus terus didorong.

Baca Juga : Dana Bansos BPNT Awal Maret Cair, Sudah Tahu Cara Ceknya?

Hal ini bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi dunia, seperti tahun 2022 dana subdisi dan kompensasi energi melonjak dari RP172 triliun menjadi Rp551 triliun.

Kemudian, diketahui bahwa pada tahun 2023 pemerintah menganggarkan dana senilai RP476 triliun untuk perlindungan sosial. Di mana dana tersebut dianggarkan melalui dana belanja pemerintah pusat serta pemerintah daerah.

Sementara subsidi dan kompensasi energi yang dianggarkan pemerintah pada tahun 2023 sebesar Rp339 triliun.

Lebih lanjut, Sekretaris Badan Pangan Nasional, Sarwo Edhy juga turut menjelaskan rencana bantuan pemerintah, khususnya beras.

Baca Juga : KPK Sebut Korupsi Bansos Rugikan Negara hingga Ratusan Miliar

Sarwo Edhy menyebut selain beras sebesar 30 kilogram selama tiga bulan, pemerintah juga akan memberikan bantuan telur dan daging ayam kepada 2.065 juta KPM dan akan memanfaatkan data dari Kementerian Sosial untuk penyaluran bantuan tersebut.

Dalam hal ini, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebsar Rp7,8 triliun untuk menyalurkan bansos tersebut.

Di sisi lain, Siti Choiriana selaku Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) menyebut bahwa Pos Indonesia siap untuk membantu dan menyukseskan prgram pemerintah untuk penyaluran bansos pangan kepada PKM.

Baca Juga : KPK Selidiki Kasus Korupsi Bansos Kemensos, Kuncoro Wibowo Dilarang ke Luar Negeri

Siti menjelaskan kesiapan Pos Indonesia terhadap pendistribusian bansos itu tak terlepas dari pengalaman sebelumnya yang berulang kali diajak pemerintah dalam menyalurkan berbagai bantuan, mulai dari BLT BBM, BPNT, BST, PKH, hingga BSU.

Siti juga menyampaikan pihaknya akan mengerahkan segalanya atau all out untuk enjalankan amanah terhadap menyalurkan bansos dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link