Beranda / News

Kemenhub Antisipasi Lonjakan Pemudik Dengan Siapkan 15 Kapal di Pelabuhan Tanjung Priok

news.terasjakarta.id - Rabu, 29 Maret 2023 | 10:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Kemenhub menyediakan 15 kapal di Pelabuhan Tanjung Priok untuk mudik lebaran 2023. (DOK. Kemenhub)

Kemenhub menyediakan 15 kapal di Pelabuhan Tanjung Priok untuk mudik lebaran 2023. (DOK. Kemenhub)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Kementerian Perhubungan (Kemnhub) siapkan 15 kapal yang berlabuh di Tanjung Priok untuk antisipasi lonjakan pemudik jelang hari raya Idul Fitri.

Kemenhub mengungkapkan langkah yang diambil ini untuk meminimalisir lonjakan pemudik yang ingin mudik lebaran dengan moda kapal laut.

Juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan pihaknya telah siapkan 15 kapal laut untuk penumpang mudik 2023 di Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca Juga : Jelang Mudik Lebaran 2023, Kementrian PUPR Pastikan Kesiapan Jalan Tol dan Nasional

Ia juga menambahkan bahwa kapal yang disediakan tidak hanya di Pelabuhan Tanjung Priok, namun juga di berbagai pelabuhan.

"Menyiapkan armada kapal penumpang di berbagai pelabuhan, di Pelabuhan Tanjung Priok misalnya, telah disiapkan 15 kapal penumpang dengan kapasitas 16.767 orang untuk antisipasi lonjakan penumpang" pungkasnya pada Selasa (28/3/2023).

Adita Irawati menjelaskan 15 kapal yang telah disiapkan di Pelabuhan Tanjung Priok itu akan menampung pemudik sampai 16.767 orang.

Baca Juga : Tol Cipali Jadi Titik Kemacetan Tertinggi Mudik Lebaran 2023

Tak hanya di Pelabuhan Tanjung Priok, penambahan armada kapal juga disediakan di beberapa pelabuhan lain, dengan tujuan yang sama yakni antisipasi lonjakan pemudik lebaran 2023.

Sebelum mengangkut banyak pemudik jelang lebaran, Kemenhub akan lebih dulu melakukan uji petik inspeksi kapal yang sudah disediakan untuk memastikan kapal dalam kondisi yang baik saat beroprasi melaut.

Beberapa pelabuhan akan dijadikan uji petik inspeksi, berikut daftarnya:

Baca Juga : Ini Angkutan Barang yang Boleh Melintas Selama Mudik 2023, Salah Satunya Truk Bahan Pokok

  • Pelabuhan Tanjung Priok
  • Pelabuhan Samarinda
  • Pelabuhan Surabaya
  • Pelabuhan Makassar
  • Pelabuhan Batam
  • Pelabuhan Banyuwangi
  • Pelabuhan Palembang
  • Pelabuhan Belawan

Baca Juga : Buruan! Ada Mudik Gratis Kereta bagi Warga Jawa Tengah di Jabodetabek, Daftar di Sini! 

Kemenhub juga akan menyiapkan fasilitas command center sebagai pusat pengendalian operasi container kapal, dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat berguna untuk antisipasi keramaian dan kepadatan angkutan logistik menjelang hari lebaran

Selain menjadi pusat pengendalian operasi container, ini juga akan menjadi non-container (multipurpose) pelayanan kapal.

"Dengan begitu, kemungkinan terjadinya keramaian karena adanya pembatasan angkutan logistik menjelang hari lebaran, dpat diketahui lebih awal sehingga dapat dilakukan antisipasi sebelum terjadi" ungkap Adita Irawati.

Baca Juga : Harga Tiket Mudik Lebaran 2023 Tidak Naik! Garuda Pastikan Harga Tiket Pesawat Stabil

Kemenhub juga tengah berkoordinasi dengan Pelindo dan pihak terkait untuk mengupayakan fasilitas mudik gratis untuk pekerja dan buruh di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Perak dengan moda transportasi bus atau kereta api.

Hal ini juga diharapkan agar dapat mengurangi jumlah pemudik dengan sepeda motor yang berpotensi mengalami kecelakan lantas yang tinggi.

Diprediksi oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pergerakan masyarakat selama mudik akan mencapai 123,8 juta orang, jumlah ini meningkat dibanding prediksi tahun lalu yang mencapai 185,5 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link