Beranda / News

Harga Cabai di Pasar Kemiri Muka Depok Turun Jelang Lebaran, Dijual Rp45 Ribu Perkilo

news.terasjakarta.id - Selasa, 11 April 2023 | 22:35 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Salah satu pedagang sayuran di Pasar Kemiri Muka, Depok, yang dagangannya memiliki harga yang masih stabil bagi pembeli dalam pekan kedua Ramadhan, Selasa (11/4/2023).

Salah satu pedagang sayuran di Pasar Kemiri Muka, Depok, yang dagangannya memiliki harga yang masih stabil bagi pembeli dalam pekan kedua Ramadhan, Selasa (11/4/2023).

Penulis : Esil Yulinar
Editor : Esil Yulinar

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Memasuki pekan kedua Ramadhan, sejumlah harga bahan pokok di Pasar Kemiri Muka, Depok cenderung stabil sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Dengan cenderung stabilnya harga bahan pokok di Pasar Kemiri, saat ini harga cabai di Pasar Kemiri Muka dijual seharga Rp30 ribu hingga Rp45 ribu per kg. Padahal, sebelumnya para pedagang bahan pokok menjual cabai sempat menyentuh harga Rp80 per kg.

Berdasarkan dalam pantauan harga di pasar Depok sejumlah harga komoditas mengalami penurunan harga, seperti untuk harga cabai keriting turun di harga Rp29 ribu per kg, sebelumnya harga cabai keriting masih naik seharga Rp36 ribu per kg. 

Baca Juga : Nyolong Kekinian! Pelaku Penempel QRIS Palsu Meraup Uang Rp13 Juta Dalam Waktu 10 Hari

Kemudian, untuk harga cabai rawit merah ada di harga Rp40 ribu dan adapula yang di harga Rp46 ribu per kg, sebelumnya harga cabai rawit merah masih naik seharga Rp53 ribu per kg, dan untuk harga cabai rawit hijaunya ada di harga Rp39 ribu per kg, sebelumnya harga cabai rawit hijau masih seharga Rp41 ribu per kg. 

Selain itu, untuk harga bawang merah sendiri justru mengalami penurunan, sebelumnya bawang tersebut dijual seharga Rp38 ribu hingga Rp40 ribu per kg, kini di Pasar Kemiri harga bawang merah tersebut menjadi Rp35 ribu per kg. Dan untuk harga kentang sendiri pun masih memiliki harga yang sama dengan harga yang sebelumnya, yakni Rp18 ribu per kg.

Penurunan harga bahan pokok ini disebabkan karena adanya panen raya, tidak adanya lagi erupsi Gunung Kelud, sehingga tanaman cabai sekarang meningkat pasokannya.

"Ya Alhamdulillah sih harganya stabil. Kalau kayak tahun-tahun kemarin kan harga cabai sangat tinggi. Kalau sekarang stabil lah kalo menurut saya sebagai pedagang. Cabai keriting sekarang sudah turun di harga Rp 35 ribu per kg. Kemaren kan sempet Rp60 ribu sampai Rp70 ribu. Untuk cabai rawit hijau sama, Rp 35 ribu. Untuk cabai rawit merahnya ada yang Rp40 ribu, ada juga yang Rp45 ribu, tergantung kualitas," kata Pak Asep, pedagang sayuran di Pasar Kemiri Muka, Selasa, 11 April 2023.

Baca Juga : Viral! Dokter Muda Ngamuk di RSUD Dr Pirngadi Medan, Dipicu Masalah Parkir

Menurut Pak Asep, dari stabilnya harga bahan pokok tersebut juga berpengaruh untuk penjualannya.
"Pengaruhnya sih Alhamdulillah ada. Dari daya beli masyarakat meningkat lagi. Karena kan ekonomi masyarakat agak melemah. Jadi kalau harganya stabil kan mereka bisa mencapainya," kata Pak Asep lagi.

Dengan menurunnya harga bahan pokok di Pasar Kemiri, sejak sebelum Ramadhan hingga saat ini menjelang hari Lebaran jumlah pengunjung bahkan pembeli di pasar mengalami peningkatan.

Kemudian, dengan perkataan Pak Asep lagi, ia menjelaskan bahwa kalau harga cabai saat Ramadhan itu harganya relatif stabil sedangkan kalau mau menjelang Lebaran pasti harga cabai akan naik lagi karena orang-orang membutuhkan yang namanya cabai.

Baca Juga : Jokowi Bilang Jelang Lebaran Harga Kebutuhan Pokok Turun, Cabai Rawit Cuma Rp20 Ribu/Kg

Dan dalam terpantaunya harga bahan pokok di pasar Depok ini yang masih stabil, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Depok telah ikut melakukan pemantauan langsung ke pasar tradisional walaupun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan namun masih wajar. Hal ini pun dikatakan oleh Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok Jawa Barat, Supian Suri di Depok.

Meskipun saat ini harga dan stok kebutuhan pokok masih terbilang aman dan stabil tapi pihak Tim Pengendali Inflasi Daerah tetap akan melakukan operasi pasar dibeberapa titik untuk terus memantau perkembangan harga bahan pokok dalam menjelang Hari Raya Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link