Beranda / News

Puncak Bogor Kembali Terapkan One Way, Imbas Volume Kendaraan yang Meningkat

news.terasjakarta.id - Sabtu, 29 April 2023 | 15:50 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Puncak Bogor kembali menerapkan sistem one way akibat volume kendaraan yang meningkat sejak Jumat, 28 April hingga sabtu pagi. (Foto: Instagram @infopuncak.bgr)

Puncak Bogor kembali menerapkan sistem one way akibat volume kendaraan yang meningkat sejak Jumat, 28 April hingga sabtu pagi. (Foto: Instagram @infopuncak.bgr)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Puncak, Bogor kini kembali terapkan one way akibat volume kendaraan yang sempat meningkat pada Jumat 28, April 2023 malam hingga Sabtu, 29 April 2023 dari arah Jakarta melalui Gerbang Tol Ciawi.

Pihak kepolisian pun mulai memberlakukan satu arah atau on way menuju Puncak, Bogor sejak pukul 06.45 sedikit lebih awal dari biasanya.

KBO Lantas Polres Bogor Iptu Adrian Novianto di Pos Gadog mengatakan bahwa diberlakukannya one way arah Puncak ini dikarenakan volume kendaraan terpantau kembali meningkat dari hari Jumat malam hingga Sabtu pagi.

Memang diketahui sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi tadi telah tercatat sudah ada 20 ribu kendaraan yang melintasi jalur Puncak dari arah Jakarta lewat exit Tol Ciawi.

Baca Juga : Hari Ini Jalur Puncak Bogor Ramai Lancar, One Way Ditiadakan

Akan tetapi, antrean kendaraan dari Simpang Gadog hingga Tol Jagorawi arah Puncak yang sudah padat dari malam hari, kini perlahan mulai berkurang.

Iptu Adrian menambahkan jika siang tadi kepadatan kendaraan mulai berkurang terutama selepas exit dari Tol Ciawi hingga Simpang Gadog dan terpantau dari CCCTV bahwa ada sedikit hambatan dari laju kendaraan di beberapa titik, namun tidak panjang.

Maka dari itu, pihak kepolisian sudah mulai mempersiapkan kembali pemberlakuan one way atau satu jalur di arah Puncak menuju Jakarta.

Baca Juga : Selama Libur Lebaran, 430 Ribu Kendaraan Masuk Kawasan Puncak Bogor 

Volume Kendaraan akan Meningkat Akhir Pekan

Sebelumnya diketahui bawa dua hari terakhir lalu lintas kendaraan yang melintasi Jalan Raya Puncak, Bogor ini cenderung masih ramai lancar.

Namun, diprediksi pada akhir pekan ini volume kendaraan di kawasan Puncak akan kembali meningkat.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan pada Kamis, 27 April 2023 bahwa volume kendaraan kawasan Puncak di akhir pekan akan meningkat kembali dan berdampak pada kepadatan kendaraan.

Baca Juga : Puncak Arus Balik Lebaran Gelombang 2 Diprediksi hingga 1 Mei 2023

Hal ini dikarenakan, libur lebaran belum usai ditambah adanya tanggal merah yang bertepatan dengan peringatan Hari Buruh.

Dengan demikian, guna mengantisipasi hal tersebut, Kepolisian Resor Bogor akan kembali menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap dan one way atau penutupan jalur satu arah di jam-jam tertentu.

Selain itu, untuk para wisatawan yang hendak berlibur ke daerah Puncak, Bogor diharapkan bisa menyesuaikan dengan nomor kendarannya dengan tanggal ganjil atau genap.

Baca Juga : Puncak Arus Balik Lebaran 2023 Diprediksi Malam Ini, Kemacetan Mulai Nampak di Tol Japek

Pemberlakukan Rekayasa Lalu Lintas One Way Arah Puncak Bogor

Diketahui bahwa Rekayasa lalu lintas diterapkan secara situasional dengan melihat volume kendaraan di jalur Puncak, Bogor.

Jika terjadi kepadatan, maka bisa dilakukan rekayasa sistem satu arah atau one way.

Sebelumnya, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor pernah menerapkan skema rekayasa lalu lintas dengan one way dari arah Puncak menuju Jakarta yang dibuka pukul 14.40 WIB pada Senin, 24 April 2023.

Baca Juga : Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi 24-25 April, 203 Ribu Kendaraan Bakal Balik ke Jakarta

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menyampaikan penerapan one way diberlakukan guna mengurai kemacetan yang terjadi di sepanjang jalur Puncak.

Sebab, terdapat sejumlah titik kemacetan yang terjadi di sepanjang jalur Puncak, diantaranya Simpang Megamendung, Pasar Cisarua, Taman Safari, Gunung Mas, serta At-Ta'awun.

Saat kemacetan dan sistem rekayasa one way diberlakukan, Iman Imanuddin mengaku pihaknya telah mengerahkan sebanyak 250 personel kepolisian untuk membantu kelancaran arus lalu lintas pada titik-titik tersebut, termasuk pada sejumlah jalur alternatif menuju kawasan Puncak yang memiliki potensi menimbulkan kepadatan.

Baca Juga : Bandara Soekarno-Hatta Dipadati 164 Ribu Pemudik saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

Banyak Wisatawan Kunjungi Kawasan Puncak Bogor

Selama libur lebaran 2023, sebanyak 430.066 kendaraan memasuki kawasan wisata Puncak Bogor.

Total kendaraan yang masuk kawasan wisata Puncak ini terdiri dari motor, mobil dan juga angkutan bus. Data tersebut terhitung sejak 18 - 24 April 2023.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto mengatakan, setidaknya ada 259.244 kendaraan roda empat yang memasuki kawasan wisata Puncak Bogor.

Baca Juga : Pendatang Baru Jakarta 20 Persen Tinggal di Tempat Kumuh

Sementara untuk kendaraan roda dua atau motor ada sebanyak 166.995 yang masuk jalur puncak Bogor pada masa libur lebaran.

Kemudian angkutan umum berupa bus sebanyak 3.827 yang memasuki kawasan wisata Puncak Bogor.

Sementara untuk kendaraan roda dua atau motor ada sebanyak 166.995 yang masuk jalur puncak Bogor pada masa libur lebaran.

Kemudian angkutan umum berupa bus sebanyak 3.827 yang memasuki kawasan wisata Puncak Bogor.

Baca Juga : The H Club SCBD Bakal Boyong Artis Internasional, Suguhkan Hiburan Kelas Dunia

"Total 340.066 kendaraan yang masuk kawasan wisata Puncak Bogor," kata Iptu Ardian Novianto dalam keterangannya.

Diketahui, Peningkatan arus kendaraan di jalur wisata Puncak kembali mengalami kenaikan di hari Senin 24 April.

Pada hari tersebut sedikitnya ada 83.313 kendaraan yang memasuki kawasan wisata Puncak Bogor, yang terdiri dari 34.095 roda dua, 48.875 kendaraan roda empat, dan 343 bus.

Baca Juga : One Way Tol Kalikangkung-Cikampek Arus Balik Lebaran 2023 Diperpanjang hingga 26 April Malam

Sehingga total keseluruhan kendaraan yang memasuki kawasan Puncak Bogor selama satu pekan libur lebaran ini mencapai 430.066 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link