Beranda / News

Bakal Ada Mal di IKN Tahun 2024, Kepala Badan Otorita: Bagian Ekosistem di Tahap Pertama

news.terasjakarta.id - Selasa, 16 Mei 2023 | 12:33 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
IKN tahun 2024 akan dibangun mal serta fasilitas publik lainnya. (ilustrasi : terasjakarta.id)

IKN tahun 2024 akan dibangun mal serta fasilitas publik lainnya. (ilustrasi : terasjakarta.id)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Kepala Badan Otorita, Bambang Susanto mengungkapkan kawasan IKN akan dibangun beberapa fasilitas publik, salah satunya Mal.

Pernyataan tersebut diungkapkan Bambang setelah mengikuti rapat koorinasi (rakor) terkait investasi IKN di Istana Kepresidenan pada Senin, 16 Mei 2023.

Bambang menjelaskan bahwa di kawasan IKN nantinya berdiri pusat perbelanjaan yang akan mulai dibangun pada 2024.

Baca Juga : Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Pilih Logo IKN dan Jadi Bagian Dalam Pembangunan Ibu Kota

Di mana department store atau mal yang mulai dibangun pada tahun 2024 mendatang merupakan bagian dari ekosistem yang akan dibentuk di tahap pertama tahun 2024 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan.

"Misalnya akan ada satu tempat departement store atau mal yang akan menjadi bagian dari ekosistem yang akan kita bentuk di tahap pertama tahun 2024 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan," tutur Bambang dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Pembangunan fasilitas lifestyle atau mal ini dipastikan Bambang bahwa tidak akan menggunakan anggaran keuangan negara.

Ia menyebutkan bahwa pembangunan tersebut akan menggunakan dana investor atau pelaku usaha.

Baca Juga : Banjir Melanda Sepaku, Otoritas IKN bersama Kementerian PUPR Bangun Infastruktur Mitigasi Bencana

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa beberapa bulan ke depan pihaknya akan segera mengumumkan sejumlah proyek yang sudah matang oleh para pelaku usaha non-pemerintah maupun non-APBN.

IKN Punya Rumah Sakit Internasional dan Fasilitas Pendidikan Tahun 2024

Selain pusat perbelanjaan, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara juga menjelaskan nantinya kawasan ibu kota negara Nusantara akan dibangun sejumlah fasilitas publik lainnya, yakni rumah sakit internasional dan pendidikan.

Baca Juga : Wilayah IKN Banjir saat Hujan Lebat, Gorong-gorong Tak Bekerja Optimal

Di mana pembangunan satu rumah sakit internasional dan fasilitas pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari IKN.

Sama halnya dengan pembangunan fasilitas lifestyle atau mal, pembangunan rumah sakit internasional juga dikatakan Bambang menggunakan dana investor.

Pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Mencapai 23 Persen per Maret 2023

Melalui unggahan resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai 23 persen per Maret 2023.

Baca Juga : Menpan RB Bantah ASN Single Bakal Didahulukan Pindah Ke IKN: Tidak Ada Itu!

Hal itu dikatakan oleh Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga.

Danis menyampaikan sebanyak dua infrastruktur dasar yang pembangunannya telah rampung sepenuhnya yang meliputi tiga ruas jalan logistik dan Embung Mentawir.

Sementara itu, untuk pembangunan Kantor Presiden kemajuan atau progresnya baru mencapai 5,8 persen pada periode yang sama dan Istana Presiden progres pembangunannya telah mencapai sekitar 12 persen.

Baca Juga : Jokowi Beri Izin Usaha dan Penggunaan Lahan di IKN bagi Investor Hingga 190 Tahun

Pembangunan IKN Indonesia Baru Serap 6.700 Tenaga Kerja

Sebanyak 6.700 tenaga kerja yang diserap dalam sejumlah pembangunna infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia baru bernama Nusantara yang saat ini tengah berjalan di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sepaku.

Tercatat sebanyak 6.700 tenaga kerja terlibat dalam pengerjaan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur IKN Indonesia baru yang saat ini sedang berjalan. Hal tersebut dicatatkan oleh Kementerian PUPR.

Kementerian PUPR memaparkan dari 6.700 tenaga yang yang terserap, sebanyak 1.800 diantaranya adalah tenaga kerja lokal masyarakat Kalimantan Timur.

Baca Juga : Presiden Jokowi Bangun Training Center untuk Timnas Indonesia di IKN Nusantara, Dibiayai FIFA?

Sedangkan 4.900 lainnya berasal dari luar daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi Minta Proyek Pembangunan IKN Dikebut

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Badan Otorita untuk mempercepat proyek investai di IKN.

Baca Juga : Otoritas IKN Buka Lowongan Kerja, Begini Cara Melamar

Presiden Republik Indonesia itu memberik instrusi percepatan pembangunan IKN pada saat rapat terbatas yang membahas mengenai perkembangan investasi IKN di Istana Merdeka.

Bambang Susanto selaku Kepala Badan Otorita IKN mengatakan saat ini sudah ada 209 komitmen investasi atau letter of interest (Lol) di IKN.

Ia juga menyampaikan pemerintah akan membentuk unit pelayanan satu pintu untuk menindaklanjuti kebutuhan investor di IKN.

Selain itu, pada rapat terbatas, diputuskan bahwa pemerintah akan membentuk satgas khusus untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang pertahanan.

Baca Juga : Anies Baswedan Bicara Nasib IKN Gagasan Jokowi Bila Terpilih Jadi Presiden, Dilanjutkan?

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Pilih Logo IKN

Sebelumnya, pada awal April 2023, Presiden  Joko Widodo (Jokowi) ajak masyarakat Indonesia untuk pilih logo Ibu Kota Negara (IKN).

Melalui unggahan akun instagram sosial media pribadi milik Jokowi @jokowi ia menyampaikan agar masyarakat Indonesia untuk memilih logo IKN untuk Ibu kota baru Indonesia di Kalimantan.

Baca Juga : Banyak Warga Kecewa Biaya Ganti Rugi Lahan IKN Tidak Sesuai

"Ibu Kota Nusantara sebagai bagian dari visi Indonesia emas 2045 yang akan menjadi pusat perkembangan inovasi dan pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia," ucap Jokowi.

Ia juga menyebut bagian ini merupakan bentuk kontribusi masyarakat dalam mengambil bagian pembangunan untuk Indonesia lebih maju.

"Seluruh masyarakat Indonesia dapat mengambil bagian dalam pembangunan ibu kota #NusantaraKita dengan ikut memilih salah satu dari lima logo untuk Ibu Kota Nusantara," tambahnya. 

Kesempatan masyarakat untukk memilih logo IKN ini mulai dari tanggal, 4 sampai 20 Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link