Beranda / News

Netizen Bilang Rafael Alun Trisambodo Sembunyikan Mobil Mewah di Kost-kostan Jakarta Barat

news.terasjakarta.id - Minggu, 26 Februari 2023 | 16:51 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Netizen menyebut pegawai pajak Rafael Alun Trisambodo menyembunyikan mobil mewah di kost-kostan wilayah Jakarta Barat dan moge di Yogyakarta. (terasjakarta/ist)

Netizen menyebut pegawai pajak Rafael Alun Trisambodo menyembunyikan mobil mewah di kost-kostan wilayah Jakarta Barat dan moge di Yogyakarta. (terasjakarta/ist)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Pegawai Pajak Rafael Alun Trisambodo ayah dari Mario Dandy Satriyo yang menganiaya anak pengurus pusat GP Ansor disebut netizen menyembunyikan mobil mewah di kost-kostan Jakarta Barat.

"Oia @Ditjen PajakRI Bokapnya Rafael punya hilux jg, tp diumpetin di kost Srengseng Jak-Bar, lokasinya cari tau sendiri yah..." tulis postingan akun Twitter @logikapolitikid, dikutip Minggu 26 Februari 2023.

Akun Twitter @logikapolitikid juga mengemukakan, Rafael Alun Trisambodo memiliki rumah kost mewah M-One di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca Juga : Rafael Alun Diduga Miliki Aset yang Disembunyikan di Beberapa Kota, Ada Moge, Mobil, Kost-kostan dan Ruko

Selain itu, beberapa motor gede (moge) seperti Triump dan Harley Davidson disembunyikan di rumah mewah Rafael yang ada di Yogyakarta.

Yang semuanya itu tidak tercatat pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK.

Rafael Alun Trisambodo dicopot dari jabatannya untuk mempermudah pemeriksaan terkait harta kekayaannya sebesar Rp56 miliar. (dok. kemenkeu)

Rafael Alun Trisambodo dicopot dari jabatannya untuk mempermudah pemeriksaan terkait harta kekayaannya sebesar Rp56 miliar. (dok. kemenkeu)

Akun Twitter tersebut juga mengungkap Rafael Alun Trisambodo memiliki rumah mewah, Ruko, mobil, motor gede, dan sejumlah aset berharga lainnya.

Bedasarkan postingan akun Twitter itu disebutkan bila mantan Kepala Bagian Umum Ditjen Pajak Kanwil Jakarta Selatan tersebut memiliki rumah mewah di Greenhill Manado.

Baca Juga : Rafael Alun Trisambodo Mengundurkan Diri dari ASN Ditjen Pajak, Kemenkeu: Tidak Semudah Itu

Kemudian, orang tua dari Mario Dandy itu juga disebutkan memiliki Ruko di kawasan Meruya, Jakarta Barat.

Perlu dicatat, seluruh aset berharga yang disebutkan akun Twitter @logikapolitikid belum bisa dipastikan kebenarannya.

Merujuk dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari laman resmi KPK, di tahun 2021, Rafael Alun Trisambodo memiliki harta kekayaan sebesar Rp56,10 miliar.

Sejumlah aset berharga yang diduga milik Rafael Alun Trisambodo. (terasjakarta/twitter @logikapolitikid)

Sejumlah aset berharga yang diduga milik Rafael Alun Trisambodo. (terasjakarta/twitter @logikapolitikid)

Jumlah harta kekayaan tersebut terdiri dari 11 bidang tanah dan bangunan senilai Rp51,93 miliar dan dua kendaraan berupa mobil Toyota Camry Sedan dan Toyota Kijang senilai Rp425 juta.

Baca Juga : PPATK Temukan Indikasi Pencucian Uang Rafael Alun Trisambodo, KPK Langsung Bergerak

Moge Harley Davidson yang sering dipamerkan anaknya pun tak tercatat dalam LHKPN tersebut.

Selain itu, Rafael Alun Trisambodo juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp420 juta, harta berupa surat berharga senilai Rp1,55 miliar, harta berupa kas dan setara kas senilai Rp1,34 miliar, serta harta lainnya senilai Rp419,04 juta.

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan adanya indikasi pencucian uang oleh Rafael Alun Trisambodo.

PPATK menyatakan telah melaporkan temuan tersebut ke KPK, Inspektorat Kementerian Keuangan dan Kejaksaan Agung.

Baca Juga : Sri Mulyani Copot Jabatan Rafael Terkait Kasus Penganiayaan Putra Petinggi GP Ansor

"Sudah ada indikasi tindak pidana pencucian uangnya," ujar Humas PPATK Natsir Kongah saat dihubungi wartawan, Jumat 24 Februari 2023.

Sementara, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango telah memerintahkan Direktur Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Isnaini untuk menyelidikinya kekayaan Rafael Alun Trisambodo.

Adapun sebelum dicopot oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Rafael Alun Trisambodo menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan II.

Namun, harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo menjadi sorotan usai anaknya melakukan penganiayaan terhadap anak pengurus pusat GP Ansor.

Baca Juga : Kekayaan Pegawai Pajak Rafael Alun Trisambodo Nyaris Menyamai Menkeu Sri Mulyani, Ini Perbandingannya

“Kita sudah meminta Direktur LHKPN Pak Isnaini untuk melakukan klarifikasi dan menyusun rencana pemeriksaan terhadap LHKPN yang bersangkutan,” kata Nawawi saat dihubungi wartawan, Jumat 24 Februari 2023.

Diketahui, Rafael Alun Trisambodo dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link